DetikHot

art

5 Fakta Lukisan Bunda Maria 'Jawa' Karya Basoeki Abdullah

Jumat, 14 Jun 2019 06:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
5 Fakta Lukisan Bunda Maria Jawa Karya Basoeki Abdullah 5 Fakta Lukisan Bunda Maria 'Jawa' Karya Basoeki Abdullah Foto: KBRI Den Haag/ Istimewa
Jakarta - Salah satu mahakarya Basoeki Abdullah ternyata tersimpan lama di bangunan megah bernama Aqua Viva, di kota Nijmegen, Belanda. Lukisan berjudul 'Maria Assumpta' dikenal dengan sebutan Bunda Maria 'Jawa'.

Apa saja fakta-fakta dari lukisan Bunda Maria 'Jawa' karya Basoeki Abdullah? Berikut 5 fakta yang dirangkum detikHOT:

1. Dilukis Tahun 1935

Di periode tersebut, Basoeki Abdullah yang berusia sekitar 20 tahun menempuh studi seni lukis di Belanda. Saat itu, sang maestro mendapat beasiswa untuk belajar di Academie voor Beeldende Kunsten, Den Haag, Belanda pada 1933.

2. Bunda Maria Berbusana Jawa

Dalam lukisan 'Maria Assumpta', Bunda Maria digambarkan berparas ayu khas perempuan Jawa, mengenakan kain parang, kebaya beludru berwarna gelap. Serta dilengkapi bros dan giwang yang biasa dipakai perempuan bangsawan Jawa. Tak lupa selendang dan kerudung berwarna putih.

3. Ada Gambar Pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu

Tak hanya berbusana khas Jawa, tapi lukisan berskala besar tersebut juga menggambarkan Bunda Maria tengah terangkat ke surga, tampak melayang di atas Gunung Merapi dan Merbabu. Gambar Bunda Maria dilingkupi oleh awan dan sinar lembut yang memancar dari telapak tangan dan kakinya.

Ada juga hamparan sawah, hutan-hutan, aliran sungai, dan juga pohon kelapa. Lukisannya mengesankan Bunda Maria tengah memberkati Indonesia

4. Lukisan Sebagai Hadiah

Saat menjalani studi di Belanda, Basoeki Abdullah muda mendapatkan banyak dukungan dari pastor-pastor Jesuit di Nijmegen dan lukisan Maria Assumpta inilah yang kemudian dilukis oleh Sang Maestro sebagai tanda terima kasihnya untuk pastor-pastor Jesuit tersebut.



5. Misteri Dua Lukisan Bunda Maria 'Jawa' Lainnya

Tak hanya lukisan 'Maria Assumpta' saja yang berada di Nijmegen, Belanda. Tapi ada dua lukisan serupa Bunda Maria lainnya yang juga dilukis Basoeki Abdullah namun masih misteri keberadaannya.

Pastor kepala di Aqua Viva, Romo Jan Bentvelzen SJ, menuturkan ada dua versi lukisan Bunda Maria bergaya Jawa. Satu lukisan terdapat seekor ular raksasa yang melilit di salah satu gunung. Satu lukisan lainnya ada nuansa Katolik yang menyertakan unsur Tri Tunggal, ada Yesus Kristus dan Tuhan Bapa lengkap dengan mahkota bergaya raja Jawa.



(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed