ADVERTISEMENT

5 Fakta Basoeki Abdullah, Ada Lukisan Nyi Roro Kidul hingga Bunda Maria

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 09 Des 2021 08:41 WIB
Gedung baru di Museum Basoeki Abdullah diresmikan pada Selasa (29/11/2016)
Patung Basoeki Abdullah di museum pribadinya. Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta -

Fransiskus Xaverius Basoeki Abdullah atau lebih dikenal dengan nama Basoeki Abdullah adalah salah satu dari maestro seni lukis Indonesia. Namanya berada dalam deretan pelukis kenamaan seperti Affandi, Hendra Gunawan, Dullah sampai S Sudjojono.

Di dataran Eropa, nama Basoeki Abdullah juga dikenal mendunia. Sejak kecil, pria kelahiran 27 Januari 1915 itu memang dekat dengan lingkungan istana.

Berikut 5 fakta soal Basoeki Abdullah dan karya-karyanya, seperti dirangkum redaksi di antaranya:

1. Pelukis Para Raja Dunia

Kritikus seni rupa, Agus Dermawan T dalam bukunya Basoeki Abdulah - Painter of Kings menuliskan Basoeki Abdullah mulai dikenal dunia sejak penobatan Ratu Yuliana di Amsterdam, Belanda. Ia berhasil memenangkan sayembara melukis dan mengalahkan 87 pelukis Eropa lainnya.

Dia meraih juara II namun Ratu Yuliana menyukai hasil lukisannya dibandingkan juara pertama.

"Rupanya Ratu lebih berminat memakai Pak Basoeki dari yang juara kedua. Sehingga statusnya jadi pelukis lima raja yang ada di dunia," kata penulis sekaligus kritikus seni rupa, Agus Dermawan T kepada detikcom dalam sebuah wawancara pada Desember 2016.

Tak hanya Ratu dari Belanda saja yang suka dengan lukisan Basoeki Abdullah. Tapi raja di Thailand juga menyukainya. Ada juga istri Ferdinan Marcos hingga Sultan Brunei Darussalam juga minta dilukiskan.

2. Beasiswa di Belanda dan Gaya Lukisan Realis

Basoeki Abdullah merupakan maestro seni lukis Indonesia yang memperoleh beasiswa untuk belajar di Akademik Seni Rupa (Academie Voor Beeldende Kunsten) di Den Haag, Belanda, dan menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun dengan meraih penghargaan Sertifikat Royal International of Art (RIA).

Gaya lukisan realis dan naturalis membuat karyanya dipamerkan di Bangkok, Malaysia, Jepang, Belanda, Inggris, Portugal, dan negara lain. Ada sekitar 22 negara yang memiliki karya Basoeki.

3. Lukisan Nyi Roro Kidul

Basoeki Abdullah terkenal melukis dengan gaya realis dan naturalis, namun karya potretnya, ada satu lukisannya yang selama ini menjadi pembicaraan publik.

Lukisan Nyi Roro Kidul buatan Basoeki Abdullah yang kini menjadi koleksi Istana Kepresidenan dilukis tahun 1955. Ada cerita menarik di baliknya.

Karya itu menampilkan sosok Nyi Roro Kidul tanpa mahkota dan kereta kuda. Nyi Roro Kidul mengenakan kemben tanpa terlihat bagian bawah tubuh, rambutnya pun menjuntai panjang, sosoknya terlihat cantik.

Pameran Lukisan Istana KepresidenanPameran Lukisan Istana Kepresidenan Foto: Tia Agnes/ detikHOT

Di masa itu, Basoeki Abdullah mengakui memang pernah bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Hal tersebut diakui pula oleh kurator seni Mikke Susanto.

"Pak Bas mengaku dia pernah bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Lukisan ini adalah salah satu dari 6 lukisan Nyi Roro Kidul yang pernah dilukiskan Pak Bas. Dan ini adalah lukisan asli, kalau yang di Hotel Samudera itu KW alias palsu," terang Mikke di Galeri Nasional Indonesia (GNI), Jakarta Pusat.

"Lukisan ini juga yang paling banyak dipalsukan," lanjut Mikke.

(Baca halaman berikutnya soal fakta sosok Basoeki Abdullah)



Simak Video "Keren! 3 Seniman Video Mapping Indonesia Lolos Tokyo Light Festival"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT