Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Digelar dengan Format Kekinian

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 26 Okt 2021 11:27 WIB
Pekan Kebudayaan Nasional 2021
Pekan Kebudayaan Nasional 2021 digelar secara virtual pada 19-26 November 2021 Foto: Pekan Kebudayaan Nasional/ detikHOT
Jakarta -

Gelaran akbar Pekan Kebudayaan Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal berlangsung pada 19-26 November 2021 secara daring.

Mengusung tema Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan, Pekan Kebudayaan Nasional 2021 mengajak masyarakat untuk kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa.

Di penyelenggaraan kali ini, PKN 2021 ada program sesuai dengan tema sandang, pangan, dan papan.

Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid, saat peluncuran PKN 2021 tadi malam yang diselenggarakan secara daring mengatakan festival kali ini mengawali perubahan gaya hidup.

"Putar haluan dari segala cara hidup lama yang tidak berkelanjutan dan temukan arus kebudayaan dari bawah yang akan melontarkan kita ke masa depan, maju ke cara hidup baru yang berkelanjutan," katanya.

Menurut Hilmar Farid, kebudayaan bisa jadi pandu menuju normal baru.

Pekan Kebudayaan Nasional 2021Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Foto: Pekan Kebudayaan Nasional/ detikHOT

"Kebudayaan Nusantara telah dihasilkan lewat praktik sosial selama ribuan tahun dan terbukti membuat kita bertahan hingga hari ini. Ke sana kita perlu menengok untuk mencari jalan keluar dari dilema hari ini," ujar Hilmar.

Acara kali ini ada beberapa dewan kurator yang menyeleksi acara, yakni Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan.

Pekan Kebudayaan Nasional 2021 bakal diisi oleh beberapa insan kreatif. Di antaranya ada Riri Reza, Pritagita, Hanung Bramantyo, Jay Subyakto, Lasja Susatyo, Ismael Basbeth, Eugene Panji, Robby Ertanto, Buyungreza, Adrianto Sinaga, Leon Lolang, Richard Buntario, dan Raymond Ahari.

Peluncuran Pekan Kebudayaan Nasional 2021 diramaikan oleh Diskoria, Jason Ranti, Shine of Black, dan juga Alffy Rev. Nantinya, PKN 2021 dapat diakses oleh masyarakat melalui berbagai platform yang telah disediakan, yakni kanal budaya Indonesiana TV, laman PKN.id, dan kanal YouTube Budaya Saya.



Simak Video "PKN Resmi Didaftarkan, Anas Urbaningrum Dapat Posisi Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)