Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Dibuka, Jokowi: Pandemi Tak Halangi Seniman

ADVERTISEMENT

Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Dibuka, Jokowi: Pandemi Tak Halangi Seniman

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 01 Nov 2020 11:45 WIB
Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2020
Foto: Kemendikbud/ Istimewa
Jakarta -

Hajatan terbesar Pekan Kebudayaan Nasional 2020 resmi dibuka lewat siaran stasiun televisi nasional dan virtual. Presiden Jokowi membuka perhelatan akbar bagi seniman, perupa, dan pekerja seni Tanah Air.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Pekan Kebudayaan Nasional menjadi bukti para pekerja seni tidak mau tunduk oleh pandemi COVID-19 dan menyerah kepada keadaan yang dihadapi.

"Para seniman tidak mau menyerah oleh kesulitan dan tantangan yang dihadapi. Tidak peduli apa sukunya, agamanya, asal daerahnya, semua berupaya untuk membangun peradaban," ucap Jokowi dalam siaran virtual yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu malam (31/10/2020) seperti ditonton detikcom.

Pekan Kebudayaan Nasional 2020 mengusung tema 'Ruang Bersama Indonesia Bahagia'. Budaya menjadi pijakan sadar untuk menghadapi pandemi yang mewabah di Indonesia.

"Ketika menghadapi pandemi Covid-19, memori budaya masyarakat tangguh bencana kembali hidup. Lebih dari delapan bulan masyarakat terus memupuk rasa solidaritas, gotong royong, dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi," kata Jokowi.

Festival yang disepakati di Kongres Kebudayaan untuk diselenggarakan setiap tahun menggandeng 4.791 seniman dan pekerja seni. Ada 27 tema konferensi, 93 pagelaran, 1.477 lukisan yang dipajang secara virtual dalam 5 pameran seni.

Di acara pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2020 yang bertajuk Napas Bumi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem membacakan prolog. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid juga membaca penggalan puisi yang diiringi lagu oleh Naura.

Rama Soeprapto menjadi penata artistik di malam pembukaan. Maestro seni seperti Ananda Sukarlan, koreografer Rianto, Eko Supriyanto, Danu Kusuma Wardhana hingga Naura mewakili generasi milenial.

Rianto Manali yang berangkat dari langgam tari tradisi lengger menghadirkan tarian berjudul Mantra Tubuh. Ia menari di atas aliran Sungai di sekitar Banyumas. Eko Supriyanto menampilkan garapan terbarunya Mighty Indonesia yang dipentaskan dari pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Naura juga menyanyikan lagu Aku Indonesia dengan iringan biola dari Danu, membawakan aransemen karya Dian HP. Pekan Kebudayaan Nasional 2020 berlangsung selama sebulan penuh sampai 30 November 2020 secara daring.



Simak Video "Kode Jokowi soal Calon Penerus: 'Rambut Putih'-Jangan Cuma Duduk Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT