Rekor! Mahakarya Pablo Picasso Laku Terjual Rp 1,5 Triliun

Tia Agnes - detikHot
Senin, 25 Okt 2021 20:25 WIB
11 Lukisan Pablo Picasso Dilelang dengan Total Rp 1,5 Triliun
Sebelas lukisan mahakarya Pablo Picasso laku terjual senilai Rp 1,5 triliun Foto: Denise Truscello/Courrtesy Sotheby's
Jakarta -

Nama besar Pablo Picasso membuat sejumlah karya-karyanya menjadi yang paling dicari oleh kolektor. Sebagian besar lukisannya pun masuk deretan termahal yang pernah dilelang.

Balai lelang Sotheby's di Las Vegas mengumumkan menjual 11 lukisan mahakarya pelukis yang dikenal lewat aliran kubisme tersebut. Totalnya tak tanggung-tanggung yakni sekitar Rp 1,5 triliun.

Karya-karyanya dilelang di hotel dan kasino Bellagio jelang ulang tahun ke-140 pelukis asal Spanyol tersebut.

Dilansir dari AFP, Senin (25/10/2021), salah satu mahakarya Pablo Picasso yang dijual berjudul Femme au Baret rouge-orange atau dalam bahasa Indonesia berarti 'perempuan dengan topi merah-oranye.

Ini adalah salah satu potret terakhir dari seniman Marie-Theresia Walter atau kekasih mendiang Picasso. Dia berselingkuh dengan sang pelukis ketika berusia 17 tahun.

Lukisan Pablo PicassoLukisan Pablo Picasso Foto: AP Photo/Ellen Schmidt

Nama Marie-Theresia Walter juga menjadi salah satu yang menginspirasi karya Picasso. Lukisannya terjual Rp 573 miliar, setelah harga prediksi awal senilai Rp 200-an miliar.

Balai lelang Sotheby's Las Vegas menyebutkan lukisan itu dibuat pada 1938.

"Ini adalah potret 'muse' kesayangannya Marie-Therese Walter sedang berdiri. Lukisan ini merupakan pencapaian puncak di tengah salah satu periode Picasso yang paling menginspirasi dan produktif," ujar Sotheby's.

Dua potret ikonik lainnya yang tak kalah laku dijual yakni Homme et enfant (Pria dan Anak) senilai Rp 345 miliar. Serta lukisan Buste d'homme atau Bust of Man dengan harga Rp 134 miliar.

Pablo Picasso atau yang bernama lengkap Pablo Ruiz Picasso dikenal karena aliran kubisme dan juga pelukis revolusioner di abad ke-20. Dia disebut seorang yang jenius karena mampu membuat patung, desain grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung.

Ini bukan pertama kalinya satu lukisan Picasso terjual sampai ratusan miliar rupiah. Dengan terjualnya 11 karya Pablo Picasso di akhir bulan ini dengan total senilai Rp 1,5 triliun menjadikan lukisan-lukisannya paling diburu kolektor dunia.

Baca halaman berikutnya soal rekor lukisan Pablo Picasso.



Simak Video "Perkenalkan Ai-Da, 'Pablo Picasso' dalam Wujud Robot"
[Gambas:Video 20detik]