Wah! Lukisan Langka Pablo Picasso Terjual Rp 436 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 07 Okt 2020 10:23 WIB
Lukisan Pablo Picasso Femme dans un fauteuil, 1941.
Lukisan Pablo Picasso Foto: Christie's/ Istimewa
Jakarta -

Balai Lelang Christie's New York akhirnya mengumumkan penjualan lukisan langka Pablo Picasso. Lukisannya terjual dua kali lipat dari harga prediksi awal senilai Rp 297 miliar.

Dalam siaran langsung yang ditayang Christie, lukisan Femme dans un Fauteuil menarik perhatian pembeli internasional melalui telepon. Para kolektor berebut untuk membeli lukisan yang dibuat pada tahun 1941 tersebut.

Ketika host dari Christie mengetok palunya, angka terakhir yang terjual yakni Rp 436 miliar. Wah!

Lukisan yang menampilkan fotografer Dora Maar itu dijual di balai lelang Christie di New York pada 6 Oktober 2020. Berdampingan dengan karya Paul Cezanne, Jean-Michel Basquiat, dan Joan Mitchell.

Karyanya menjadi menarik dijual karena menampilkan salah satu dari tiga perempuan yang menginspirasi Picasso. Ia bertemu dengan Dora Maar pada 1936.

Mahakarya Picasso itu juga merupakan perkembangan artistik awal saat Picasso memutuskan menggunakan gaya surealis.

Ketua Seni Impresionis dan modern balai lelang Christie, Conor Jordan, lukisannya dibuat di studio sang seniman saat peristiwa Perang Dunia II.

"Potret Dora Maar adalah salah satu lukisan Picasso yang paling berharga dan menjadi harga penjualan yang tertinggi," kata Conor Jordan, dilansir dari Art News.

"Picasso juga banyak menggambar sosoknya dan dijadikan sebagai seorang muse. Ia melukisnya dengan wajah pembangkang tapi sekaligus indah," lanjutnya.

Dora Maar adalah seorang fotografer asal Prancis yang mencapai kesuksesan awal di dekade 1930-an. Dia juga pernah mendokumentaikan seri Picasso lainnya, Guernica (1937).

Lukisan Dora Maar lainnya yang berjudul Dora Maar au chat (1947) sebelumnya terjual Rp 1,4 triliun di Sotheby's pada Mei 2006. Lukisan Buste de Femme (Femme a la resille) dari tahun 1938 juga terjual Rp 1 triliun pada Mei 2015.



Simak Video "Pameran Lukisan 3 Dimensi Jakarta, Gelaran Seni Lukis yang Menghipnotis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)