4 Mural Bergambar Mirip Jokowi yang Dihapus Aparat

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 17 Sep 2021 16:40 WIB
Mural mirip Presiden Jokowi di Pangkalpinang.
Foto: Mural mirip Presiden Jokowi di Pangkalpinang. (Deni Wahyono-detikcom)

3. Mural Mirip Jokowi di Bandung

Mural mirip Jokowi yang matanya tertutup masker di Jalan Prabu Dimuntur, kota Bandung juga dihapus oleh Satpol PP Kota Bandung, Jawa Barat. Bahkan pelaku muralnya disebut juga diburu oleh polisi.

Petugas dari Kecamatan Bandung Wetan masih membersihkan gambar mirip Jokowi dengan mata tertutup masker di Jalan Prabu Dimuntur, Kota Bandung, Kamis (26/8/2021). Terlihat sejumlah petugas masih mengerik kertas sisa gambar tersebut, kemudian memberikan cat putih.Petugas dari Kecamatan Bandung Wetan masih membersihkan gambar mirip Jokowi dengan mata tertutup masker di Jalan Prabu Dimuntur, Kota Bandung, Kamis (26/8/2021). Terlihat sejumlah petugas masih mengerik kertas sisa gambar tersebut, kemudian memberikan cat putih. Foto: Yudha Maulana

Letaknya berada di sisi luar jembatan flyover Pasupati dan dapat dilihat dengan mudah oleh warga yang melintas. Dari pantauan detikcom, Rabu (25/8) sesosok pria yang tergambar dalam mural tersebut berambut poni dan menggunakan baju kemeja berwarna putih.

Terlihat sosok pria tersebut tengah berpose sambil memegang kening sebelah kanan.Diperkirakan ukuran mural tersebut memiliki tinggi dua meter dengan lebar 2,5 meter.

Satpol PP kota Bandung mengaku menghapusnya setelah mendapat laporan dari warga.

"Kami dapat perintah karena ada gambar yang mirip pak Jokowi, akhirnya oleh anggota dicabutlah gambar tersebut. Sekarang mau kita beri cat dasar dulu," ujar Anggota Trantib Bandung Wetan Tedi saat itu.

4. Mural 404: Not Found

Mural bergambar sosok mirip Presiden Jokowi berada di Batuceper, kota Tangerang, viral di media sosial. Muralnya diperkirakan sudah ada sejak 9 Agustus kemudian dihapus dengan cat warna hitam karena dinilai menghina lambang negara.

Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa)Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa) Foto: Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa)

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Deonijiu De Fatima menyampaikan pihaknya tidak menindaklanjuti kasus mural 'Jokowi 404: Not Found'. Dia mengatakan mural tersebut dihapus karena melanggar peraturan daerah (perda).

"Kita nggak tindak lanjuti, karena itu kewenangan Perda, itu hanya melanggar peraturan daerah, hanya mengotori pemandangan, mengganggu ketertiban umum," kata Deonijiu kepada detikcom, Jumat (20/8/2020).



Simak Video "Heboh Mural 'Colek' Negara: Karyanya Dihapus, Pembuatnya Diburu"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/wes)