7 Mural Viral Penuh Kritikan yang Dihapus Aparat

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 26 Agu 2021 11:56 WIB
Mural pria mirip Jokowi di Bandung
Mural di kota Bandung yang juga dihapus aparat Foto: Yudha Maulana
Jakarta -

Isu mengenai penghapusan mural marak dibicarakan belakangan ini. Para seniman mengaku tak akan berhenti berkarya meski mural penuh kritikan tersebut dihapus aparat pemerintah.

Berikut 7 mural muatan kritik sosial, politik, dan kondisi sekitar, seperti dirangkum detikHOT:

1. Tuhan Aku Lapar

Mural teranyar yang menjadi pemicu mural-mural lainnya dihapus adalah 'Tuhan Aku Lapar'. Mural yang ada di tembok kawasan Kotamas, Tigaraksa, kabupaten Tangerang itu dihapus oleh Satpol PP.

Grafiti 'Tuhan Aku Lapar' di Tigaraksa, Tangerang, sebelum dihapus petugasGrafiti 'Tuhan Aku Lapar' di Tigaraksa, Tangerang, sebelum dihapus petugas Foto: Grafiti 'Tuhan Aku Lapar' di Tigaraksa, Tangerang, sebelum dihapus petugas (Dok.istimewa/Instagram)

Pembuatnya para anggota Halfway Street Connection (HSC) Forum pun sampai didatangi oleh perangkat desa, Satpol PP hingga kepolisian setempat.

Grafiti yang dibuat oleh komunitas di kawasan Tangerang itu menyampaikan aspirasi seni di tengah pandemi. Sayangnya mural yang ada pada akhir Juli itu dihapus.

2. Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit

viral mural di pasuruan dihapusviral mural di pasuruan dihapus Foto: Dok. Didik

Mural berisi gambar karakter dua ekor hewan menyerupai kucing penuh warna cerah dengan tulisan 'Dipaksa Sehat di Negara yang Sakit' juga viral. Mural itu bernasib sama, dihapus aparat.

Muralnya berada di Jalan Diponegoro, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur dan kini sudah ditutup dengan cat warna krem dan dihapus karena dianggap tak berizin.

3. 404: Not Found

Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa)Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa) Foto: Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (dok.istimewa)

Mural bergambar sosok mirip Presiden Jokowi berada di Batuceper, kota Tangerang, viral di media sosial. Muralnya diperkirakan sudah ada sejak 9 Agustus kemudian dihapus dengan cat warna hitam karena dinilai menghina lambang negara.

4. Wabah Sesungguhnya Adalah Kelaparan

Mural bertuliskan 'Wabah Sebenarnya Adalah Kelaparan' juga muncul di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Mural tersebut telah dihapus Satpol PP. (dok Istimewa)Mural bertuliskan 'Wabah Sebenarnya Adalah Kelaparan' juga muncul di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Mural tersebut telah dihapus Satpol PP. (dok Istimewa) Foto: Mural bertuliskan 'Wabah Sebenarnya Adalah Kelaparan' juga muncul di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Mural tersebut telah dihapus Satpol PP. (dok Istimewa)

Mural yang berada di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, kawasan Ciledug, Tangerang, dihapus bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-76.

Muralnya bertuliskan Wabah Sesungguhnya Adalah Kelaparan dengan cat pilox warna putih dan hitam. Karyanya ada di pintu gerbang juga dihiasi dengan warna warni penuh nuansa abstrak.

5. Dibungkam

Mural Tulisan Dibungkam di Yogyakarta Dihapus AparatMural Tulisan Dibungkam di Yogyakarta Dihapus Aparat Foto: Anagard/ Instagram

Pada 22 Agustus 2021, mural tulisan 'Dibungkam' dihapus oleh aparat Satpol PP dan polisi. Mural yang berada di kolong jembatan Kewek, Yogyakarta itu memicu aksi masif dari para seniman Yogyakarta dan sekitarnya.

Karya yang dibuat oleh sekumpulan seniman yang tergabung dalam forum Yogya Street Art (UR-GALAXI,Hi_hava, Juange Culture, Anagard, Kinky20, Hello Pelangi, Bumi Aku) itu dihapus aparat dalam waktu kurang dari 24 jam.

6. Orang Miskin Dilarang Sakit

Aksi corat-coret vandalisme yang berisi kritik dan menyinggung pemerintah terlihat di beberapa tembok di wilayah Kota Solo, Jawa Tengah.Aksi corat-coret vandalisme yang berisi kritik dan menyinggung pemerintah terlihat di beberapa tembok di wilayah Kota Solo, Jawa Tengah. Foto: Ari Purnomo

Tulisan 'Orang Miskin Dilarang Sakit #RIP Pemerintah' di tembok tokoh di pojok perempatan Jalan Sutan Syahrir kawasan Pasar Legi, Solo, itu juga dihapus aparat.

7. Mural Mirip Gambar Jokowi Ditutup Masker

Sejumlah petugas tengah membersihkan sisa mural pria mirip Jokowi di Bandung.Sejumlah petugas tengah membersihkan sisa mural pria mirip Jokowi di Bandung. Foto: Yudha Maulana

Di kota Bandung, Jawa Barat, ada mural yang menggambarkan sosok pria mirip Jokowi dengan mata tertutup masker. Mural yang berada di Jalan Prabu Dimuntur itu berada di sisi luar jembatan flyover Pasupati.

Muralnya sudah ada sejak satu bulan terakhir di kawasan tersebut namun kini sudah lenyap dihapus aparat.



Simak Video "Lomba Mural Gejayan Memanggil, Dicari yang Paling Cepat Dihapus Aparat!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)