5 Seniman dan Penulis Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Versi TIME

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 16 Sep 2021 10:46 WIB
5 Seniman dan Penulis Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME
Majalah TIME umumkan 100 orang paling berpengaruh Foto: Istimewa
Jakarta -

Setiap tahunnya, Majalah TIME memberikan anugerah kepada 100 orang paling berpengaruh. Dari 6 kategori yang mereka nobatkan, 5 orang di antaranya berasal dari ranah seniman dan penulis.

Siapa sajakah mereka? Simak berikut ini:

1. Cathy Park Hong

Cathy Park Hong dikenal sebagai penulis Minor Feelings: An Asian American Reckoning. Ali Wong menuliskan testomi tentang novelis tersebut.

5 Seniman dan Penulis Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME5 Seniman dan Penulis Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME Foto: Istimewa

"Saya membuat anotasi dari Minor Feelings. Ini adalah jenis buku yang ingin Anda perhatikan dan garis bawahi. Membacanya adalah perasaan yang sangat gila. Saya merasa begitu sehingga saya tidak percaya bahwa buku ini ada. Dan itu menjadi lebih menyakitkan relevan di tahun saat kekerasan anti-Asia selalu ada di Amerika dan melonjak sangat agresif," tulis Ali Wong.

2. Luis Manuel Otero Alcantara

Luis Manuel Otero Alcantara dikenal sebagai seniman pertunjukan sekaligus pembangkang asal Kuba. Penampilan publiknya kerap mengkritik pemerintah Kuba sekaligus kebijakan di negara asalnya.

5 Seniman dan Penulis Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME5 Seniman dan Penulis Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME Foto: Istimewa

Ia menjadi seorang seniman otodidak yang dikenal mendunia dan mempengaruhi para seniman di Kuba. Secara khusus, Ai Weiwei yang juga dikenal sebagai seniman pembangkang asal China menuliskan testimoni tentang Luis Manuel Otero Alcantara.

"Perjuangannya tidak dapat diabaikan untuk kebebasan berekspresi dan sikapnya tanpa kompromi melawan otoriter. Otero Alcantara adalah simbol dan pemimpin dalam gerakan San Isidro Kuba, kelompok seniman dan intelektual berpengaruh yang menuntut lebih besar kebebasan sebagai protes antipemerintah yang menyebar ke seluruh negeri," tulis Ai Weiwei.

3. Mark Bradford

Mark Bradford adalah seniman asal Amerika yang dikenal dengan karya lukis kolasenya. Karya-karyanya sukses dipamerkan di ranah internasional.

5 Seniman dan Penulis Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME5 Seniman dan Penulis Paling Berpengaruh Versi Majalah TIME Foto: Istimewa

Anita Hill menuliskan testimoni tentang sang seniman. "Bakat menakjubkan Mark adalah perpanjangan dari orang yang hangat dan peduli. Melalui seni abstrak, Mark telah memetakan kehancuran yang krisis termasuk epidemi AIDS, Badai Katrina, dan runtuhnya pasar perumahan global yang telah menyebabkan komunitas terpinggirkan," ungkapnya.



Simak Video "Penulis Lupus Gusur Adhikarya Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]