Jadi Ruang Kreatif, M Bloc Space Tambah Venue di Gedung Jogja National Museum

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 09 Sep 2021 08:45 WIB
JNM Bloc di Jogja National Museum, Yogyakarta
JNM Bloc di Jogja National Museum (JNM) Yogyakarta Foto: JNM Bloc/ Instagram
Jakarta -

Hadir sejak 26 September 2019, M Bloc Space yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, sukses menjadi ruang kreatif bagi anak muda Ibu Kota.

Kesuksesan M Bloc Space bergaung ke kota-kota besar lainnya. Kini setelah membuka ruang kedua di Pos Bloc Jakarta dekat Pasar Baru, Jakarta Pusat, M Bloc Group menambah satu lagi ruang kreatifnya di kota lain yakni Yogyakarta.

Bertempat di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta, ruang yang bernama JNM Bloc berada di sisi bangunan dekat pohon bringin tertua di kawasan tersebut.

Co-founder sekaligus Program Director dari M Bloc Group, Wendi Putranto mengatakan M Bloc Group sebagai ruang kreatif publik tetap aktif meski pandemi melanda Indonesia. "Kami tetap mendukung pergerakan kreatif para seniman yang menjadi misi utama kami," katanya saat jumpa pers virtual, Rabu (8/9/2021).

Wendi menjelaskan dahulunya bangunan JNM adalah kampus ISI Yogyakarta dan di tahun 1950-an merupakan Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI).

"Tempat itu bersejarah menjadi episentrumnya seni rupa di Indonesia. Setiap tahun ARTJOG juga digelar di sana. Menurut kami, tempat itu sangat tepat untuk dipilih," tuturnya.

Semangat dari seni rupa maupun pergerakan anak-anak muda, lanjut dia, cocok diadakan di gedung JNM.

"Kami merasa harus extend nih, mencoba untuk membuat sirkuit kreatif dan jadi prototipe pertama yang dikoneksi ke berbagai tempat di jaringan M Bloc Group," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]



Hanafi dari JNM Bloc saat konferensi pers virtual turut menjelaskan beberapa ruang yang ada di sana. Ada yellow stair atau bangku-bangku panjang berwarna kuning tepat di depan pohon bringin, kedai kopi, dan ruang untuk memajang karya para seniman.

"JNM Bloc menjadi salah satu kolaborasi. Kami juga ingin memberikan peluang pemberdayaan komunitas dengan bisnis berkelanjutan," kata Hanafi.

Wendi Putranto pun berharap adanya ruang-ruang kreatif lainnya sebagai perpanjangan dari M Bloc maupun JNM Bloc.

"Mudah-mudahan nanti ada di Surabaya, Medan, dan lain-lain. Ini uji cobanya nih untuk meraih atau menggaet seniman lokal," pungkasnya.

Pada 24 November sampai 5 Desember 2021, JNM Bloc juga menjadi salah satu venue bagi terselenggaranya festival seni berbasis teknologi, Media Art Globale 2021. JNM Bloc menjadi ruang bagi tiga karya seniman Yogyakarta yang unjuk gigi di Media Art Globale 2021. Selain JNM Bloc, ada dua ruang kreatif lainnya yakni M Bloc Space dan Pos Bloc Jakarta.



Simak Video "Nongkrong Asik ke Tahun 90-an di M Bloc Space"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)