Proyek Teater Lintas Asia Berlanjut di UrFear: Transit Sri Lanka dan Vietnam

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 17:30 WIB
UrFear: Transit Sri Lanka and Vietnam
Foto: Istimewa
Jakarta -

Sukses dengan naskah Peer Gynt karya Henrik Ibsen, proyek pertemuan teater lintas Asia berlanjut di pekan ini. Lewat seri karya yang sedang berlangsung dengan judul UrFear: Transit Sri Lanka and Vietnam, mulai digelar 24 sampai 27 Agustus 2021.

Berangkat dari kacamata seniman-seniman muda dari Vietnam dan Sri Lanka, proyek ini terus menjelajah potensi eksperimen dari mereka.

"Para seniman melakukan eksperimentasi karya-karya modular yang sudah berlangsung sejak tahun lalu di tengah keterbatasan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19," tulis keterangan pers yang diterima detikcom, Rabu (25/8/2021).

Temuan karya seni yang sedang berkembang dari berbagai lintas disiplin itu ada beragam.

Para seniman yang berkolaborasi di proyek ini di antaranya adalah Kanchana Malshani, Tracy Holsinger, dan Veenadari Lakshika Jayakody (Sri Lanka), Red Nguyễn Hải Yến, Toàn Đoàn, Trà Nguyễn, dan Võ Thủy Tiên (Vietnam), Haruka Miyagishima (Jepang), dan Andreas Ari Dwianto (Indonesia).

Proyek kolaborasi lintas disiplin ini awalnya diinisiasi oleh sutradara Teater Garasi Yudi Ahmad Tajudin dan dramaturg UGoran Prasad. Mereka menghadirkan proyek berjudul Multitude of Peer Gynts.

UrFear: Transit Sri Lanka and VietnamUrFear: Transit Sri Lanka and Vietnam Foto: Istimewa

Pertunjukan ini telah dipresentasikan dalam format karya-sedang-tumbuh di Larantuka, Flores Timur (Juli, 2019) dan Tokyo, Jepang (September, 2019). Kemudian ditampilkan perdana di Shizuoka, Jepang (November, 2019) serta jejaring pertunjukan di situs web interaktif (Oktober-November, 2020).

Pada 24 Agustus, seniman asal Vietnam Red Nguyễn Hải Yến menampilkan perenungan perjalanannya yang berputar dan berulang. Dilanjutkan oleh Tracy Holsinger asal Sri Lanka yang menghadirkan The Anatomy of Dreams.

Pada 25 Agustus, Võ Thủy Tiên asal Vietnam bakal menampilkan karya berjudul Why You Leave Me? yang berasal dari pertanyaan masa kecilnya yang tak terjawab.

Lewat karya Lollipop Anitra, Veenadari Lakshika Jayakody dari Sri Lanka juga menghadirkan gagasan imaji tentang perempuan panggilan dan jejak-jejak kapitalisme di negaranya.

Pada 26 Agustus, See You Don't See Me and Its Double dari karya seniman Sri Lanka Kanchana Malshani juga hadir. Berlanjut dengan Trà Nguyễn dan Toàn Đoàn dari Vietna, yang berkolaborasi dengan seniman Indonesia Andreas Ari Dwianto, Haruka Miyagishima (Jepang), Red Nguyen Hai Yen dan Vo Thuy Tien (Vietnam).

Di hari terakhir penyelenggaraan, bakal terdapat diskusi bersama para seniman kolaborator.



Simak Video "Persiapan Festival Sang Kuda Renggong Desa Ranjeng Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)