Muncul Lagi, Mural Banksy Berkeliaran di Wisata Miniatur Kota

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 10 Agu 2021 09:25 WIB
Mural Banksy
Mural Banksy di Inggris bagian timur Foto: BBC/ Istimewa
Jakarta -

Mural karya seniman jalanan Banksy kerap muncul tak terduga di lokasi yang tak biasa. Kali ini, karya Banksy berkeliaran di Merrivale Model Village di Great Yarmouth, Norfolk, Inggris bagian timur.

Di hari yang sama, seni bergaya Banksy itu juga muncul di dua lokasi lainnya di Inggris yakni Gorleston di Norfolk dan Lowestoft di Suffolk.

Dilansir dari BBC, Selasa (10/8/2021), mural itu pertama kali dilihat oleh pengunjung yang melintas. Dalam area Merrivale Model Village atau lokasi wisata miniatur kota mini, muralnya terletak di kandang kuda.

Di kandang kuda yang berisikan jerami, ada gambar tikus berwarna hitam yang tampak berdiri di atas roda kayu. Mural tersebut bertuliskan, 'Pergi menjadi besar atau pulanglah'.

Berita kemunculan mural Banksy pertama kali diposting oleh seorang netizen di akun Facebook.

"Model yang belum pernah kami lihat sebelumnya sedang duduk di antara pondok-pondok kecil kami dan tampak seolah-olah pengacau telah mendekorasinya," tulis netizen tersebut.

"Setelah diperiksa lebih dekat, itu dihiasi dengan nama yang akrab di dunia seni jalanan," sambungnya.

Mural BanksyMural Banksy di Inggris timur Foto: BBC/ Istimewa

Pemilik lokasi wisata tersebut, Frank Newsome mengaku saat ini tengah mencari identitas dari mural tersebut. "Kami sedang memastikan melalui situs Banksy apakah itu benar atau tidak," ucapnya.

Ini bukan pertama kalinya Banksy muncul dan membuat mural. Sebelumnya, dia pernah mengunjungi Galeri Tate Britain, Le Louvre, dan empat museum bergengsi di New York untuk menempatkan karyanya di dinding mereka sembari menyamar.

Dia juga pernah menempatkan boneka berpakaian sebagai tahanan Guantanamo di Disneyland. Muralnya kerap menampilkan karakter tikus yang menyebabkan gangguan. Hewan itu diketahui sudah lama menjadi favorit Banksy.

Kemunculan mural Banksy kali ini menyusul wacana masyarakat untuk menjadikan Great Yarmouth, Gorleston, dan Lowestoft sebagai kota Budaya Inggris berikutnya pada 2025.

Sampai saat ini, mural terbaru Banksy di Inggris bagian timur belum diketahui kebenarannya. Sampai sekarang sang seniman belum mengunggah apa pun di akun Instagram maupun situs pribadinya tentang keabsahan karya tersebut.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)