Mengunjungi Museum Nike Ardilla di Bandung, Napak Tilas Hidup Sang Penyanyi 90an

Wisma Putra - detikHot
Minggu, 27 Jun 2021 08:32 WIB
Bandung -

Nama penyanyi Nike Ardilla kembali ramai diperbincangkan setelah video gadis bernama Amel viral di media sosial TikTok. Kini para penggemar pelantun Bintang Kehidupan itu bisa napak tilas kehidupan Nike Ardilla lewat museum yang didedikasikan untuknya.

Museum Nike Ardilla beralamat di Komplek Arya Graha, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Fans lama yang ingin melepas rindu atau fans baru yang ingin tahu lebih dalam soal Nike Ardilla bisa datang mengunjungi museum ini.

detikHot langsung mengunjungi museum ini pada Sabtu (26/6/2021). Museum ini bersatu dengan bangunan rumah milik ibunda Nike Ardilla. Tak hanya itu, selain museum ada juga Cafe Bintang Kehidupan dan tempat penjualan merchandise Nike Ardilla, dari mulai t-shirt hingga aksesori lainnya.

Museum Nike Ardilla ada di lantai dua bangunan tersebut, Karena saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19, bagi Anda yang datang ke museum ini harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Sebelum naik ke lantai dua, Anda bisa melihat Mobil Jeep warna putih milik Nike Ardilla yang terparkir di depan museum ini. Sejak kematian Nike, mobil itu sudah tidak digunakan lagi dan hanya menyisakan kenangan di dalamnya.

Di lantai dua, terdapat banyak foto-foto Nike Ardilla sejak ia menjadi penyanyi, bermain film, hingga menjadi foto model. Ada juga beberapa lukisan yang sudah berumur hingga lukisan terbaru hasil sumbangan fans. Buku, kliping koran, dan majalah dari masa lalu pun ada.

Tak hanya itu, di museum ini terdapat banyak kaset album Nike Ardilla dari mulai album pertama hingga sembilan. Album-album berbentuk piringan hitam hingga pita juga dipamerkan di sini.

Ada juga berbagai make up dan aksesori dari mulai cincin, gelang, jam tangan, anting, sepatu dan lainnya tersimpan rapi di museum ini. Baju konser, baju pemotretan, hingga baju yang digunakan dalam film pun masih dipajang.

Pintu mobil sebelah kanan, dengan kondisi ringsek yang mengalami kecelakaan dipajang di museum ini. Ada juga kamar Nike Ardilla yang barang-barang nya masih lengkap didalamnya. Beraga piagam penghargaan pun, menghiasi ruangan museum ini.

"Di museum ini ada peninggalan almarhumah, seperti baju-baju, sepatu, penghargaan dan sebagainya. Ada juga pintu (mobil) kecelakaannya juga, saksi hidup dalam kejadian kecelakaan tersebut," kata Yanti, salah satu Fans Nike Ardilla asal Bandung sekaligus yang kerap menjaga museum ini.

Mengunjungi Museum Nike Ardilla di BandungMengunjungi Museum Nike Ardilla di Bandung Foto: Wisma Putra/detikcom

Seluruh barang-barang yang dipajangkan semuanya milik Nike Ardilla. Ada juga barang-barang pemberian dari fans.

Yanti menyebut, kehadiran museum ini bisa melepas rindu bagi fans Nike Ardilla yang ada di seluruh Indonesia.

"Banyak juga, bisa melepas kerinduan di museum ini," ujarnya.

Museum ini dibangun setahun setelah kepergian Nike Ardilla. "Museum ini dari Tahun 1996, setahun Nike meninggal baru dibuat museum ini," paparnya.

Yanti menyebut, mobil Jeep yang diparkir di depan museum adalah milik Nike Ardilla dan kerap digunakan Nike Ardilla semasa hidup.

"Itu mobil beliau, yang Jeep putih, punya almarhum. Kondisinya kayanya enggak jalan," ujarnya.

"Mobil yang kecelakaan enggak ada, hanya ada pintunya di sini," tambah Yanti.

(wip/aay)