Garin Nugroho Bawa Pertunjukan Teater The Planet - A Lament ke Belanda

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 24 Jun 2021 14:07 WIB
Garin Nugroho tampilkan The Planet – A Lament di Holland Festival 2021.
Foto: dok. Holland Festival 2021
Jakarta -

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih melanda, panggung teater rupanya tetap bergelora. Sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho, sukses menampilkan pertunjukan seni teater The Planet - A Lament di International Theater Amsterdam, Belanda.

Petunjukan The Planet - A Lament berlangsung selama dua kali di tanggal 21 dan 22 Juni 2021. Di gelaran terakhirnya, pertunjukan ini dilakukan secara hybrid. Tak hanya bisa dilihat secara langsung di lokasi namun penonton dari seluruh dunia juga bisa menikmati acara secara streaming.

Tentunya ini bukan kali pertama Garin Nugroho memeriahkan Holland Festival 2021. Di tahun 2017 dia juga turut berpartisipasi menampilkan cerita Setan Jawa.

Garin Nugroho tampilkan The Planet – A Lament di Holland Festival 2021.Garin Nugroho tampilkan The Planet – A Lament di Holland Festival 2021. Foto: dok. Holland Festival 2021

"Mungkin bencana alam terjadi karena dunia telah kehilangan elemennya", begitulah potongan lirik dari pagelaran The Planet - A Lament.

Pertunjukan seni The Planet - A Lament menceritakan kisah yang menyentuh tentang penciptaan kembali alam setelah dunia hancur akibat bencana alam. Kisah ini diambil berdasarkan mitologi Papua.

The Planet - A Lament mengangkat ritual penyembuhan atas dunia yang berduka sambil memberikan harapan bagi mereka yang ditinggalkan. Diceritakan bahwa setelah terjadi bencana alam yang menghancurkan dunia, terdapat seorang manusia yang selamat yang diberikan amanah sebuah telur untuk meneruskan kehidupan di dunia.

Dalam pagelaran ini, Garin Nugroho bekerja sama dengan 24 pemain dan tim dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Papua, Nusa Tenggara Timur, serta dari berbagai wilayah Indonesia lainnya. Dalam pagelaran tersebut, Garin juga mengangkat berbagai budaya Indonesia, seperti dari Papua, Flores, Sumatera Utara, dan Jawa.

Garin Nugroho tampilkan The Planet – A Lament di Holland Festival 2021.Garin Nugroho tampilkan The Planet – A Lament di Holland Festival 2021. Foto: dok. Holland Festival 2021

The Planet - A Lament mendapatkan sambutan hangat dari penonton offline dan online. Banyak penikmat teater dari Indonesia juga menyaksikan secara online.

The Planet - A Lament merupakan salah satu dari 23 pertunjukan utama pada Holland Festival 2021. Festival ini digelar dengan mematuhi peraturan pemerintah setempat terkait COVID-19.

(aay/aay)