Heboh Mural Banksy Nyentil Oscar Wilde di Dinding Bekas Penjara

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 03 Mar 2021 18:22 WIB
Artwork in Reading. An artwork which has appeared on the wall of the former prison in Reading, Berkshire. Picture date: Monday March 1, 2121. Although its has not been officially claimed as the work of Banksy, the picture bares a resemblance to the artists other works. Photo credit should read: Steve Parsons/PA Wire URN:58366807 (Press Association via AP Images)
Mural Banksy di dinding bekas penjara Inggris Foto: AP/Steve Parsons
Jakarta -

Banksy kembali menghebohkan publik lewat kemunculan mural di dinding bekas penjara di Reading, Inggris. Mural yang diduga merupakan karya seniman jalanan itu tengah diperbincangkan oleh masyarakat.

Berita mengenai kemunculan mural Banksy itu perdana diberitakan oleh BBC. Laporan dari BBC menyebutkan penjara Reading yang tak lagi beroperasi merupakan tempat Oscar Wilde ditahan dari tahun 1895 sampai 1897.

Oscar Wilde merupakan salah satu novelis sekaligus dramawan terkenal yang sukses di akhir era Victoria di London, Inggris.

Laporan BBC juga menyebutkan karya seni yang muncul itu adalah karya dari Banksy. Mural itu menggambarkan seorang tahanan yang memanjat dinding bata penjara dengan sprei yang ditambatkan ke mesin tim.

Gambar itu diduga merujuk kepada salah satu syair ciptaan Oscar Wilde yang terkenal berjudul Balada Penjara Membaca.

Dalam syair itu, Oscar Wilde menceritakan hidup dan berada di pengasingan setelah ia ditahan. Meski Banksy belum mengonfirmasi karya tersebut di akun Instagram, tapi banyak ahli yang sudah meyakini sebagai karya Banksy.

Seperti halnya yang diucapkan oleh Vince John dari galeri 1loveart Bristol, Inggris.

"Saya yakin muralnya adalah salah satu dari karya seni Banksy yang terbaik, lucu, dan satire secara politik," ungkapnya.

Seperti biasanya, mural karya Banksy selalu menarik perhatian warga Inggris. Bulan lalu, mural terpopuler Banksy di Nottingham dijual ke galeri seni Inggris dengan alasan perlindungan.

Mural Banksy lainnya yang berada di Bristol berpotensi mengganggu penjualan rumah-rumah yang ada di kawasan tersebut.

Selama ini, Banksy adalah seniman jalanan asal Bristol yang identitasnya tidak diketahui publik. Ia tidak pernah menunjukkan profilnya maupun wajahnya kepada siapa pun termasuk awak media.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)