Karya Seni Litograf Banksy Dilelang sampai Miliaran

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 17 Feb 2021 16:40 WIB
Karya seni Banksy yang Dilelang
Karya litograf milik seniman asal Inggris Banksy dilelang Foto: Banksy/ Istimewa
Jakarta -

Pandemi tak membuat para kolektor berhenti memburu karya seni Banksy untuk dikoleksi. Heritage Auctions melaporkan karya langka seniman anonim Banksy baru saja dilelang di situs resmi mereka.

Ada beberapa karya cetak dan litograf langka Banksy yang dijual. Kesembilan karya tersebut kabarnya laku dalam waktu dua jam saja.

"Rekor terbaru untuk pelelangan karya Banksy yang terjual sampai puluhan miliar. Semua adalah harga tertinggi selama pelelangan," cuit Heritage Auctions, seperti dilihat detikcom, Rabu (17/2/2021).

Karya Banksy yang berjudul Golf Sale terjual sebesar Rp 736 juta. Untuk Applause yang menjadi cetakan terbatas hanya ada 500 karya dibuat Banksy pada 2006 terjual Rp 841 juta.

Di karya seni lainnya Stop and Search angkanya pun mencapai Rp 1,7 miliar.

Karya seni Banksy yang DilelangKarya seni Banksy yang Dilelang Foto: Banksy/ Istimewa

Karya seni Banksy memang selalu menarik perhatian para kolektor dunia. Pada Oktober 2020, lukisan Banksy memecahkan rekor di balai lelang Sotheby's London dan terjual senilai Rp 111 miliar.

Padahal lukisan itu merupakan parodi dari milik Water Lilies karya Claude Monet. Kabarnya lukisan itu terjual setelah pertarungan selama 9 menit yang sengit di antara para kolektor.

Ada juga lukisan Banksy yang memecahkan rekor balai lelang dengan Rp 22,4 miliar yang berjudul Mediterranean Sea View. Lukisan yang dibuat pada 2017 itu menampilkan pemandangan laut abad ke-19 yang tampak dianggap politis dilelang untuk acara amal.

Lukisan Triptych, Pemandangan Laut Mediterania 2017 merupakan respons Banksy terhadap krisis migran yang terjadi selama beberapa dekade belakangan.

Sepanjang tahun 2020, karya seni Banksy menjadi terpopuler dan berkaitan dengan pandemi COVID-19. Seperti seorang nenek yang sedang bersin dilukis di dinding di salah satu kota di Inggris, mural tikus di dalam kamar mandi, sampai kapal penyelemat warna pink milik Banksy.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)