Tok! Pecahkan Rekor, Lukisan Parodi Banksy Laku Rp 111 M dalam 9 Menit

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 23 Okt 2020 10:48 WIB
Lukisan Banksy  Show Me the Monet Dilelang Rp 88,2 miliar
Lukisan Banksy kembali pecahkan rekor Foto: Lukisan Banksy/ Istimewa
Jakarta -

Lukisan Banksy kembali memecahkan rekor di balai lelang Sotheby's London. Karya seni parodi yang terinspirasi dari lukisan Water Lilies milik Claude Monet laku terjual senilai Rp 111 miliar.

Lukisan Show Me the Monet dijual kepada penawar tak dikenal di balai lelang Sotheby's London pada Rabu malam (21/10). Setelah pertarungan selama 9 menit yang sengit antara 5 kolektor, karya itu melewati harga prediksi awal senilai Rp 88 miliar.

Karya yang dilukisnya pada 2005 itu membuat parodi dari lukisan klasik milik Claude Monet. Di tengah taman yang penuh bunga dengan jembatan, Banksy menambahkan kereta belanja yang ditinggalkan dan tanda kerucut lalu lintas yang berwarna oranye ke dalam karyanya.

Taman air dalam lukisan itu diketahui berada di Giverny, Prancis bagian utara. Show Me the Monet merupakan bagian dari seri berjudul Crude Oil yang me-remix karya-karya klasik seniman dunia.

Serial juga me-remix Sunflowers karya Vincent van Goghy yang layu atau mati di dalam vas. Kepala seni kontemporer Eropa Sotheby, Alex Branczik, mengatakan lukisan adalah salah satu karya Banksy yang terkuat ada di balai lelang.

Banksy berhasil membuat ulang lukisan master impresionisme dan mengubahnya menjadi lebih modern.

"Komposisi Banksy berserakan dari karya Monet dengan troli belanja yang dibuang dan kerucut lalu lintas oranye yang berpendar," ungkap Alex Branczik, dilansir dari The Sun, Jumat (23/10/2020).

"Di sini, Banksy menyoroti pengabaian masyarakat terhadap lingkungan demi konsumerisme yang boros," sambungnya.

Kabarnya, Robbie Williams adalah salah satu kolektor yang ikut menawar lukisan Banksy. Tapi belum bisa dipastikan apakah bintang Take That itu adalah kolektor yang berhasil menawar karya Banksy.

Banksy yang nama aslinya belum pernah dikonfirmasi secara resmi memulai karier dengan membuat mural di bangunan di Bristol. Kini nama Banksy menjadi salah satu seniman paling terkenal di dunia.

Sebelumnya, lukisan Devolved Parliament terjual Rp 172 miliar dalam waktu 13 menit. Lukisan Girl with Balloon yang fenomenal lalu dihancurkan Banksy saat terjual di balai lelang juga menjadi pembicaraan dunia.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)