Lukisan Banksy Diprediksi Kembali Pecahkan Rekor Senilai Rp 88,2 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Senin, 21 Sep 2020 11:27 WIB
Lukisan Banksy  Show Me the Monet Dilelang Rp 88,2 miliar
Lukisan Banksy dilelang senilai Rp 88,2 miliar Foto: Lukisan Banksy/ Istimewa
Jakarta -

Lukisan karya seniman asal Inggris Banksy diprediksi kembali akan memecahkan rekor. Pada 21 Oktober, balai lelang Sotheby akan melelang lukisan Show Me the Monet milik Banksy senilai Rp 88,2 miliar.

Harga lelang Rp 88,2 miliar melebihi rekor lukisan-lukisan Banksy lainnya. Sebelumnya, ada lukisan Mediterranean Sea View (2017) yang terjual Rp 22,4 miliar.

Seniman yang identitasnya disembunyikan itu mengatakan ia membuat ulang lukisan Claude Monet yang berjudul The Water Lily Pond sejak1899. Banksy menambahkan gambar kereta trolley yang dibuang ke dalam kolam.

Banksy diketahui meluncurkan karya tersebut 15 tahun yang lalu sebagai bagian dari pameran seni Crude Oils: A Gallery of Re-mixed Masterpieces, Vandalism and Vermin di London.

"Lukisan yang diciptakan ulang dari karya Claude Monet adalah salah satu dari beberapa lukisan yang dibuatnya dengan cahaya dan makna yang sinis," tulis keterangan Sotheby, dilansir dari Hypebeast, Senin (21/9/2020).

Saat ini, lukisan Show Me the Monet sedang dipajang di galeri seni Sotheby, di New Bond Street, London. Nantinya, lukisan bakal melanglang buana ke New York dan Hong Kong akhir bulan ini.

Kemudian, kembali lagi ke London untuk dilelang pada 21 Oktober dengan harga mencapai Rp 88,2 miliar.

Lukisan karya Banksy bukan pertama kalinya mencapai rumah lelang internasional. Seniman jalanan yang biasa membuat mural di tembok-tembok sudut kota itu juga merambah ke Sotheby.

Pada Oktober 2019, Banksy pernah membuat kaget pencinta seni dengan kehadiran lukisan primata yang terjual mencapai angka Rp 172 miliar dari angka prediksi Rp 35,1 miliar.

Lukisan Devolved Parliament itu menggambarkan puluhan simpanse duduk menggantikan para politisi yang ada di Parlemen Inggris. Angka lelang Rp 172 miliar hanya terjual dalam waktu 13 menit.

Pada Februari 2019, lukisan Rp 20 miliar Girl with the Balloon Banksy juga mengagetkan publik karena setelah terjual karyanya dicabik-cabik oleh mesin pemotong kertas.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)