Lukisan Langka Van Gogh Segera Dilelang Rp 139 M

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 26 Feb 2021 11:45 WIB
Lukisan Langka Vincent Van Gogh
Lukisan langka Vincent Van Gogh Foto: Associated Press/ Sotheby's
Jakarta -

Lukisan langka karya maestro impresionis Belanda Vincent Van Gogh dari tahun 1887 segera dilelang. Karya tentang pemandangan jalanan di lingkungan Montmartre Paris akan ditampilkan untuk umum bulan depan.

Rumah lelang Sotheby mengatakan lukisan itu menjadi koleksi keluarga selama lebih dari 100 tahun. Karya Van Gogh juga jauh dari pandangan publik.

Ada tiga lokasi pameran yang menjadi tur keliling bagi lukisan Van Gogh yakni Amsterdam, Hong Kong, dan Paris. Sotheby bakal melelangnya di Paris pada 25 Maret 2020.

Direktur Senior Impresionis dan Seni Modern di Sotheby, Etienne Hellman, menuturkan lukisan yang dilelang adalah salah satu mahakarya Vincent van Gogh.

"Ini adalah lukisan penting dalam era karier Vincent Van Gogh karena berasal dari masa dia tinggal di Paris bersama saudaranya, Theo," kata Etienne Hellman dilansir dari Associated Press.

Vincent Van Gogh pindah ke Paris pada 1886 dan tinggal di Montmartre. Dia meninggalkan Paris di tahun 1888 lalu pindah ke Prancis selatan sampai jelang hari kematiannya pada 1890.

Hellman menuturkan di Paris, lukisan Vincent Van Gogh menemukan warna setelah sebelumnya didominasi warna gelap dan hitam.

Lukisan Street Scene in Montmartre menampilkan gambar kincir angin bernama Pepper Mill yang dilukis dari jalanan di bawah langit cerah. Dalam lukisan, ada sosok pria, perempuan, dan gadis kecil yang berjalan di depan palisade kayu yang mengelilingi tempat itu.

"Paris menandai periode saat impresionis utama mempengaruhi karyanya," kata Hellman.

Rumah lelang Sotheby memperkirakan lukisan bakal dilelang dengan nilai Rp 139 miliar.

Sampai sekarang, rumah lelang Sotheby belum mengungkapkan identitas dari pemiliknya. Rencananya, lukisan dipamerkan di Amsterdam pada 1-3 Maret, Hong Kong di 9-12 Maret, dan Paris pada 16-23 Maret 2021.



Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)