detikHot

art

Ini Lukisan Terakhir Van Gogh Sebelum Meninggal Bunuh Diri

Rabu, 29 Jul 2020 16:37 WIB Tia Agnes - detikHot
Lukisan Terakhir Vincent Van Gogh sebelum meninggal dunia Ini lukisan terakhir Vincent Van Gogh sebelum meninggal dunia Foto: Museum Vincent Van Gogh
Jakarta -

Mahakarya Vincent Van Gogh dikenal mendunia dan tak tertandingi. Tapi tak banyak tahu, lukisan terakhir yang dibuatnya sebelum meninggal karena bunuh diri.

Ada satu lukisan Vincent Van Gogh yang dikabarkan menjadi karya terakhir yang dilukis hanya beberapa jam sebelum bunuh diri. Lukisan itu berjudul Tree Roots (1890).

Lukisan yang ditemukan di desa di bagian utara Prancis menjadi perbincangan beberapa tahun yang lalu. Cicit dari saudara laki-laki sang seniman, Theo, mengungkapkan karya tersebut.

"Lukisan ditemukan dari hasil pekerjaan Detektif Van Gogh di tahun 2012 ketika peneliti senior Louis van Tilburg mengidentifikasi lukisan Tree Roots sebagai lukisan terakhir Van Gogh," ujar Theo, dilansir dari Artnews, Rabu (29/7/2020).

Bukti diketahui dari surat yang ditulis saudara ipar Vincent, Andries Bonger, pada 1893. Saat itu, ia mengungkap pagi hari sebelum kematian Van Gogh ia melukis di bawah pohon penuh cahaya matahari.

Bukti kedua adalah cerita dari lokasi sisa-sisa pohon yang sebenarnya. Penemuan ini ditemukan oleh Wouter van der Veen, Institut Van Gogh.

Ia menemukan bukti dari gambar di kartu pos yang menggambarkan kemiringan pohon yang curam di bagian belakang. Gambar itu sama dengan yang ada di lukisan Tree Roots.

Setelah membandingkan lukisan yang kini dipajang di Museum Van Gogh Amsterdam dan kartu pos era 1900-an, ia semakin yakin itu adalah pohon yang sama.

Lokasi pemandangan yang ada di kartu pos dengan lukisan Van Gogh, hanya berjarak 150 meter dari penginapan sang seniman atau dua menit jalan kaki.

"Sisa-sisa pohon dan akar sebagian tertutup oleh vegetasi tumbuan, tapi kemiringan pohon-pohon itu memperlihatkan pemandangan yang masih asri," ucap Theo.

Pemandangan di Auvers kini dibuat penghalang tali agar wisatawan tak merusaknya. Direktur Institut Van Gogh, Van der Veen, juga menyelidiki saat hari kematian Van Gogh pada 27 Juli 1890.

Ia percaya Van Gogh melukisnya saat pagi hari karena lokasi yang dekat dengan penginapan. Ia kembali ke penginapan untuk makan siang dan menyelesaikan lukisan dengan menambah efek cahaya sore.

"Setelah bekerja berjam-jam dengan lukisan di tengah perjuangan tanpa henti antara hidup dan mati, Van Gogh merasa sendirian dan memutuskan untuk istirahat di bumi saat matahari terbenam, di pinggiran desa dengan pemandangan ladang gandum yang baru dipanen," tukasnya.

Temuan ini juga terangkum dalam buku Van der Veen terbaru yang berjudul Attacked at the Root: an Investigation into Van Gogh's Last Days.




Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com