detikHot

art

Surat Van Gogh Berkunjung ke Rumah Prostitusi Dijual Rp 3,3 M

Kamis, 18 Jun 2020 10:59 WIB Tia Agnes - detikHot
Surat Korespondensi Van Gogh Foto: Istimewa
Jakarta -

Korespondensi tak biasa yang berasal dari tahun 1888 akhirnya dibeli Museum Van Gogh, Amsterdam, Belanda. Surat yang ditulis Van Gogh dan Paul Gauguin yang berkunjung ke rumah prostitusi di Prancis dijual dengan harga Rp 3,3 miliar.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/6/2020), korespondensi yang berada di koleksi swasta itu mendeskripsikan pengalaman mereka hidup bersama di Arles, Prancis.

Beberapa minggu setelah korespondensi tersebut, Van Gogh dikabarkan memotong telinga bagian kirinya sebelum berjalan ke rumah bordil terdekat. Paul Gauguin juga menyebutkan temannya telah 'mengoceh gila'.



Dalam surat bertanggal 1-2 November 1888, kedua seniman yang juga sahabat itu tinggal di Yellow House, dekat dengan kamar sewa tempat Van Gogh.

"Kami telah melakukan kunjungan ke rumah pelacuran dan akhirnya kami sering pergi ke sana untuk bekerja," kata Van Gogh dalam suratnya tersebut.

Surat empat halaman yang ditulis dalam bahasa Prancis dilelang oleh Drouot Paris. Suratnya menjadi bagian dalam pameran di Museum Van Gogh yang digelar pada Oktober 2020.




Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com