detikHot

art

Lagi Pandemi Corona, Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum Belanda

Selasa, 31 Mar 2020 10:24 WIB Tia Agnes - detikHot
Lukisan Vincent Van Gogh Dicuri Foto: Singer Laren Museum/Reuters
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona, lukisan karya Vincent Van Gogh dicuri oleh oknum tak dikenal dari museum di Belanda. Lukisan 'Parsonage Garden yang dicuri diprediksi senilai Rp 90 miliar.

Museum Singer Laren saat ini tengah ditutup karena mencegah penyebaran virus Corona. Para pencuri menghancurkan pintu kaca depan museum di sore hari akhir pekan lalu.

Dilansir dari berbagai sumber, alarm juga dibobol oleh pencuri. Saat petugas keamanan tiba, pencuri itu telah kabur.



Direktur Museum, Jan Rudolph de Lorm, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube, menuturkan ia sangat kesal kehilangan lukisan Van Gogh tersebut.

"Lukisan Van Gogh yang lahir sekitar 167 tahun yang lalu itu dipinjamkan dari Museum Groninger. Ini benar-benar lukisan pinjaman dan terjadi di kondisi dunia terkena Corona," katanya.

Lukisan yang dicuri merupakan bagian dari pameran seni 'Mirror of the Soul' yang menampilkan 70 lukisan kenamaan seniman Belanda dari abad ke-19.

Museum ditutup sejak 12 Maret sebagai langkah Belanda untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Lukisan 'Parsonage Garden' merupakan karya dilukis antara tahun 1883 dan 1884 ketika ia sedang bersama orang tuanya di Nuenen, saat ayah sang seniman menjadi seorang pejabat.




Simak Video "Lukisan Van Gogh Hilang di Museum Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com