Bernie Sanders Jadi Meme saat Pelantikan Joe Biden, Fotografer Buka Suara

Tia Agnes - detikHot
Senin, 01 Feb 2021 17:23 WIB
Gaya Senator Vermont, Bernie Sanders, yang memakai jaket musim dingin dan sarung tangan bermotif menjadi viral di media sosial
Foto Bernie Sanders jadi viral dan meme usai pelantikan Joe Biden Foto: Brendan Smialowski/AFP/Getty Images
Jakarta -

Sosok Bernie Sanders menjadi viral dan meme saat hari pelantikan presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Foto senator berusia 79 tahun itu menjadi candaan warganet di jagat maya.

Giliran fotografer AFP, Brendan Smialowski, buka suara mengenai jepretan yang diambilnya saat hari inagurasi tersebut. Ia menuturkan bidikannya saat itu sebenarnya tidak terlalu bagus.

"Itu bukan komposisi yang bagus," ucapnya dilansir dari Independent, Senin (1/2/2021).

Dalam foto yang menjadi viral itu, ia membidik sosok Bernie Sanders. Sosok politisi itu tampak mengenakan sarung tangan wol, masker wajah, dan jaket parka berwarna hijau tengah duduk di salah satu kursi saat hari pelantikan.

Ia heran dengan hasil jepretannya yang menjadi viral di dunia internasional. Menurut dia, foto tersebut tidak akan memasukkannya ke dalam portofolio.

Gara-gara jepretan fotografer Brendan Smialowski yang bekerja di kantor berita Agence France-Presse, foto itu memicu gelombang meme dan reaksi dari subyeknya sendiri. Bahkan kaus bergambarkan sang politisi dijual demi amal.

Dalam sebuah wawancara kepada Rolling Stone, ia mengungkapkan gambarnya terbilang aneh.

"Saya mengambil dua foto saat itu dan berpikir yang kedua secara teknis lebih baik daripada yang menjadi viral," katanya.

"Tapi saya mengirimkan foto (yang akhirnya menjadi terkenal) karena momen itu, karena posturnya, posenya sedikit lebih baik," lanjut fotografer tersebut.

Komposisi di dalam foto tersebut berantakan tapi mendapatkan momen terbaik. "Saya selalu mengatakan dalam foto jurnalistik, komposisi adalah yang kedua dari konten," tukasnya.

Sebelumnya, senator itu ditanya mengenai fotonya yang dijepret wartawan dan menjadi viral. Foto itu menampilkan Sanders yang tampak bersungut-sungut sambil menyilangkan tangan dan kakinya saat duduk sendirian, terpisah dari tamu lainnya, di area tamu pelantikan Biden.

Ia mengaku sama sekali tidak tahu fotonya menjadi viral. "Saya hanya duduk di sana, berusaha untuk tetap hangat, berupaya memperhatikan apa yang sedang terjadi," ucap Bernie Sanders.



Simak Video "Jelang Pilpres AS, Trump-Sanders Saling Sindir"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)