12 Seniman Mejeng Karya Fotografi di Bandung

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 07 Jan 2021 11:14 WIB
Bandung Photo Showcase digelar 7 Januari-7 Februari 2021
Bandung Photo Showcase dibuka 7 Januari 2021 Foto: Bandung Photo Showcase/ Istimewa
Jakarta -

Gelaran Bandung Photo Showcase menampilkan 12 seniman dari berbagai negara yang memajang karya seni berbasis fotografi. Eksibisi yang dibuka 7 Januari 2021 dan berlangsung selama satu bulan lamanya dipamerkan di Selasar Sunaryo, Bandung, Jawa Barat.

Bandung Photo Showcase merupakan program yang dibentuk oleh KOMVNI Photo Collective, Distorted Darkroom, Black Man Ray Bungkus, dan beberapa praktisi fotografi di Bandung.

"Program ini mengakomodasi perkembangan karya seni berbasis fotografi dalam konteks medium personal, dan bisa dilihat dari berbagai perspektif," tulis keterangan Bandung Photo Showcase, seperti diterima detikcom, Kamis (7/1/2021).

Pada 2015, Bandung Photo Showcase pertama kali diinisiasi yang berkolaborasi dengan berbagai institusi. Nantinya, program ini rencananya bakal menggelar festival triennale fotografi dari berbagai latar belakang budaya.

Bandung Photo Showcase digelar 7 Januari-7 Februari 2021Bandung Photo Showcase digelar 7 Januari-7 Februari 2021 Foto: Bandung Photo Showcase/ Istimewa

Selama ini, fotografi telah bersinggungan dengan berbagai perkembangan estetika visual pasca Revolusi Industri di mancanegara. Fotografi pun telah menjadi komoditas industri yang membentuk budaya visual sampai sekarang.

"Penggunaan kamera yang memproduksi citra fotografis saat ini seakan telah bersenyawa dengan setiap individu, mulai kamera pada smartphone hingga kamera beresolusi tinggi, ditambah kamera-kamera surveillance seperti CCTV, dan lain sebagainya," tulis Bandung Photo Showcase.

Lewat pameran seni bertajuk Invasion of the Lens: Culture Resistance and Aesthetic, eksibisi melibatkan praktisi fotografi kontemporer dan akademisi. Berbagai pengalaman personal para seniman dituangkan dalam karya-karya tersebut.

Bandung Photo Showcase digelar 7 Januari-7 Februari 2021Bandung Photo Showcase digelar 7 Januari-7 Februari 2021 Foto: Bandung Photo Showcase/ Istimewa

Para seniman yang berpartisipasi adalah Ali Mecca (Indonesia), Ryota Katsukura (Jepang), Anna Kedziora (Polandia), Kamila KobierzyƄska (Polandia), Chien Hua Huang (Taiwan), Wan-Ling Chen (Taiwan), Jim Rammer (Amerika Serikat), Peter Fitzpatrcik (Amerika Serikat), Yong Hwan Lee (Korea), Kang Jaegu (Korea), Phan Quang (Vietnam), dan Son The Nguyen (Vietnam).

Dikuratori oleh Henrycus Napitsunargo, pameran berlangsung dari 7 Januari - 7 Februari 2021 di Ruang B dan Ruang Sayap Selasar Sunaryo, Bandung.



Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)