Aneh Banget! Patung Spanyol Direstorasi Jadi Seperti Wajah Kartun

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 11 Nov 2020 18:52 WIB
Hasil Restorasi Patung di Spanyol Jelek
Patung di Spanyol direstorasi oleh seniman amatir tapi jadi seperti wajah kartun Foto: Istimewa
Jakarta -

Pekerjaan restorasi sebuah karya seni memang menjadi hal yang harus dikerjakan secara hati-hati. Hasil restorasi patung yang ada di Spanyol setelah diperbaiki justru terlihat seperti wajah kartun. Duh!

Patung yang diperbaiki itu berada di sebuah bangunan di utara kota Palencia, Spanyol. Situs bangunan dibangun pada 1919 di bawah arahan arsitek Jacobo Romero setelah ditugaskan oleh Presiden Federasi Katolik-Agraria saat itu.

Situs secara resmi dibuka pada 1923 dan menjadi bangunan yang dilindungi. Seorang pelukis Antonio Guzman mengunggah foto patung Spanyol setelah sempat ditutup karena pandemi Corona.



"Ini seperti kepala kartun daripada kepala artistik dari salah satu bangunan yang paling ikonikdi kota Palencia," tulis Guzman di akun Facebook, seperti dilihat detikcom, Rabu (11/11/2020).

Gara-gara hasil restorasi yang jelek, netizen pun mengomentari unggahan tersebut.

"Itu membuatku ingin menangis, sangat mengerikan. Sayang sekali, Spanyol punya banyak seniman hebat tapi berakhir menjadi menyedihkan," ungkap salah satu netizen.

Hasil Restorasi Patung di Spanyol JelekFoto Patung Spanyol Sebelum Direstorasi Seniman Amatir Foto: Istimewa



Dia juga membandingkan hasil restorasi patung dengan renovasi yang gagal dari lukisan Ecce Homo karya Elias Garcia Martinez tentang Kristus. Lukisan yang berada di The Sanctuary of Mercy Church di Zaragoza, Spanyol, juga menghebohkan dunia maya pada 2012.

Seorang seniman amatir bernama Cecilia Gimenez mencoba memulihkan kerusakan tanpa izin.



Lukisan Kristus di dalam gambar awalnya mengenakan makhkota duri dan melihat langit. Tapi ia menghilangkannya dan seakan lidah menjulur sampai membuat hasil restorasi mendapatkan julukan 'Monyet Kristus'.

Pekerjaan restorasi yang menghebohkan dunia maya juga pernah terjadi pada 2018. Saat itu, seorang seniman amatir lainnya didenda karena merusak restorasi patung St George abad ke-16.

Kerusakan juga pernah terjadi pada karya pelukis barok, Bartolome Esteban Murillo, awal tahun ini.



Simak Video "Jelang Aksi Demo, Lalu Lintas di Patung Kuda Masih Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)