detikHot

art

Hiks... Lukisan Barok Spanyol Dirusak Ahli Restorasi Amatir

Kamis, 25 Jun 2020 10:28 WIB Tia Agnes - detikHot
Wajah berubah mirip monyet dan sulit dikenali - Beberapa restorasi yang gagal atas lukisan-lukisan termasyhur zaman Barok Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Restorasi lukisan bisa berakibat buruk kalau tidak ditangani oleh ahlinya. Sama halnya dengan lukisan beraliran barok milik kolektor seni Spanyol.

Lukisan barok ciptaan Bartolome Esteban Murillo itu dibersihkan oleh seorang ahli restorasi amatir. Menurut Europa Press Spanyol, kolektor tersebut terkejut dengan hasilnya.

Hasilnya tak sesuai dengan harapan bahkan bisa dibilang justru lebih buruk. Padahal kolektor itu sampai membayar senilai puluhan juta.

"Gambarnya diperbaiki tapi tidak dapat dikenali," ujar kolektor tersebut seperti dilansir detikcom dari BBC.



Restorasi lukisan yang tak sesuai harapan bukan pertama kalinya terjadi. Pada 2012, seorang umat paroki berusaha memulihkan lukisan dinding Yesus Kristus yang berharga di gerejanya.

Tapi hasil pemulihannya justru membuat lukisan seperti 'Monyet Kristus'. Tahun lalu, ada patung St George dari abad ke-16 yang menarik perhatian publik setelah selesai restorasi.

Di Spanyol, tak ada hukum yang mengatur pemulihan karya seni. Para ahli atau siapa pun bisa memperbaiki lukisan tanpa adanya keahlian yang diperlukan.

Asosiasi Profesional Pemulihan dan Konservator mengatakan di negaranya tidak ada perlindungan hukum. Bahkan ia menyebut insiden baru-baru ini sebagai tindakan perusakan.

"Ini kurangnya peraturan yang diterjemahkan tidak adanya perlindungan warisan kita," kata pernyataan asosiasi.



"Dalam beberapa tahun terakhir, para profesional restorasi dan konservasi dipaksa untuk beremigrasi atau meninggalkan profesi mereka karena kurangnya kesempatan. Industri seni ada di risiko serius di Spanyol," pungkasnya.

Restorasi lukisan lumrah terjadi di dunia seni. Awal Januari 2020, pencinta seni dihebohkan dengan gambar lukisan yang dibuat seperti 'wajah domba' dan terlihat lebih cantik.




Simak Video "Melukis dengan Bahan dari Alam, Jember"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com