Kangen Totoro? Patungnya Kini Dibangun di Tokorozawa

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 06 Nov 2020 13:26 WIB
Patung Totoro di Tokorozawa, Saitama, Jepang
Patung Totoro di kota Tokorozawa, Prefektur Saitama. Foto: Istimewa
Jakarta -

Siapa sih yang tak suka dengan Totoro dalam animasi My Neighbor Totoro? Sebuah patung perunggu setinggi 170 sentimeter berdiri di depan Stasiun Tokorozawa, prefektur Saitama, Jepang.

Lokasi Tokorozawa sengaja dipilih sebagai kampung halaman sutradara Hayao Miyazaki. Dia diketahui pernah tinggal di kota tersebut dan terinspirasi membuat animasi My Neighbor Totoro.

Pembuatan animasi berasal dari ingatan sang sutradara dari tempat tinggalnya tersebut. Sekarang dewan kota Tokorozawa sengaja membangun monumen untuk mengigat film yang diproduksi oleh Studio Ghibli tersebut.

Dilansir dari Anime News Network, Jumat (6/11/2020) siswa dan siswi Taman Kanak-kanak (TK) dari kota tersebut memenuhi lokasi peresmian. Pada Rabu (4/11), patungnya diresmikan.

Ada ikon Catbus, Mei, dan Totoro yang berdiri dengan adegan ikoniknya. Mulai Selasa pekan depan, lagu-lagu dari animasi juga akan diputar menjadi jingle setiap kali kereta akan meninggalkan Stasiun Tokorozawa.

"Saya ingin kota Tokorozawa yang saya cintai melestarikan tanaman hijau dan pemandangannya sejak dahulu," ungkap Hayao Miyazaki mengomentari peresmian patung My Neighbor Totoro.

Di industri pariwisata Jepang, kota Tokorozawa kerap diabaikan padahal menjadi lokasi yang inspiratif bagi ciptaan Hayao Miyazaki. Dari Tokyo, Tokorozawa dapat dicapai dalam waktu 30 menit dengaan kereta komuter.

Di salah satu hutan yang berada di Tokorozawa, ada area hijau yang disebut sebagai Hutan Totoro. Ada jalan setapak, kuil, dan bangunan tua di hutan yang sebenarnya bernama Perbukitan Sayama.

Daya tarik utama Hutan Totoro ini adalah Rumah Kurosuke. Di dalam bangunan yang bergaya kuno ini terdapat patung Totoro dalam ukuran aslinya yang dikelilingi oleh Kurosuke, peri jelaga hitam dari film ini. Ada pula gudang tua dan pabrik teh dari zaman Meiji.

Pendirian patung My Neighbor Totoro juga menjadi bagian dari pemerintah kota untuk meningkatan pariwisata lewat anime. Di kota tersebut, juga dibangun hotel berkonsep anime interaktif bernama EJ Anime Hotel yang diresmikan pada Oktober.



Simak Video "Vokal Memukau BoA di Album Perayaan Debut Ke-20"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)