Museum MACAN Ajak Publik Ikuti Lokakarya Seni di Rumah Bareng Perupa Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 03 Nov 2020 17:45 WIB
Museum MACAN Luncurkan MACAN Home Kit
Museum MACAN meluncurkan seri perdana MACAN Home Kit Foto: Museum MACAN Jakarta/ Istimewa
Jakarta -

Museum MACAN meluncurkan program terbaru yang bernama MACAN Home Kit atau seri lokakarya di rumah bersama perupa Indonesia. Publik umum bisa mengikuti seri lokakarya dipandu oleh para perupa untuk memulai proyek seri mereka sendiri.

Di seri perdana kali ini, ada lokakarya bersama Citra Sasmita, Ruth Marbun, Agam Dwi Nurcahyo (Magafaka), dan kolektif keramik asal Bandung Kandura Studio.

MACAN Home Kit pertama diluncurkan pada 4 November yang dipandu oleh perupa Bali, Citra Sasmita. Nantinya, peserta akan dibawa kepada perjalanan personal yang menggunakan perasaan sebagai panduan melukis.

Citra Sasmita merancang 7 kartu seukuran kartu Tarot yang berisi kata dan visual inspirasional yang dirancangnya untuk menuntun peserta dalam memvisualisasi objek dan tempat tertentu. Ada juga kanvas, cat akrilik berwarna dan kuas, serta tautan untuk mengakses video tutorial.

"Di masa saat segalanya terjadi dengan sangat cepat, kita lupa untuk mengubur banyak hal dalam pikiran kita. Melalui MACAN Home Kit, saya mengajak peserta untuk mengeksplorasi perasaan dan memori pribadi mereka sebagai cara untuk memulai sebuah karya," ungkap Citra Sasmita, dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (3/11/2020).

Selain Citra Sasmita, ada perupa Ruth Marbun yang dikenal dengan teknik mencoreng atau mark-making yang emosional. Peserta akan diajak untuk membuat 'mesin waktu' yang artistik.

Kolektif Kandura Studio akan membuat perabot rumah tangga khas kolektif asal Bandung tersebut. Edisi baru MACAN Home Kit: Seri Perupa dan Edukasi akan dilansir secara reguler.

"MACAN Home Kit dibuat untuk memenuhi kebutuhan banyak orang untuk mengekspresikan kreativitas mereka di masa pandemi COVID-19," ujar Kepala Departemen Edukasi dan Program di Museum MACAN, Aprina Murwanti.

"Kami berharap dapat menciptakan pengalaman yang bermakna bagi peserta lokakarya, dari anak-anak sampai dewasa, dan tidak hanya akan belajar kemampuan baru tapi juga paham proses berkesenian dan berbincang langsung dengan para perupa," tukasnya.

MACAN Home Kit: Melukis dengan Perasaan bersama Citra Sasmita akan dijual mulai 4 November 2020 dibanderol seharga Rp 475.000.



Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)