detikHot

art

Museum MACAN Siapkan Protokol Baru di Masa Transisi PSBB DKI

Jumat, 05 Jun 2020 11:20 WIB Tia Agnes - detikHot
pameran Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow di Museum MACAN Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengizinkan sejumlah sektor industri beroperasi di awal masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bulan Juni. Salah satunya adalah museum dan galeri seni yang diizinkan dibuka kembali mulai 8 Juni 2020.

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) yang didirikan oleh Haryanto Adikoesoemo menyiapkan sistem dan protokol khusus sesuai arahan dari pemerintah. Hal tersebut diungkap oleh Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto.

"Di Museum MACAN sendiri, kami masih bersiap untuk pembukaan kembali. Kami sudah membuat kelompok kerja untuk menyiapkan hal ini. Prioritas kami adalah menciptakan ruang aman untuk publik termasuk anak dan lansia," tutur Aaron ketika dihubungi detikcom.

Menarik! Yuk Intip 3 Karya Seniman Asia di Museum MACANMenarik! Yuk Intip 3 Karya Seniman Asia di Museum MACAN Foto: Tia Agnes/ detikHOT



Aaron melanjutkan pihak museum sudah membuat kalkulasi jumlah pengunjung yang dapat diterima per waktu kunjungan. Museum MACAN juga akan membuat aturan jarak aman 1,5 meter antar pengunjung.

"Kami juga akan mengkampanyekan pembelian tiket online melalui situs dan mitra tiket daring," sambung Aaron.

Pria yang berkecimpung 15 tahun dalam memajukan seni kontemporer di kawasan Asia Pasifik itu melanjutkan juga akan mengatur jam kunjungan, menghindari kerumunan, dan meminimalisir kontak.

"Kami juga sudah memperhitungkan waktu disinfeksi seluruh area museum di antara waktu berkunjung," tukasnya.



Museum MACAN adalah salah satu museum yang turut terkena dampak COVID-19. Sejak 14 Maret lalu, Museum MACAN dan museum-museum lainnya di Jakarta harus tutup sementara untuk menghindari penyebaran virus Corona di Tanah Air.

Dalam aturan awal masa transisi PSBB DKI, museum dan galeri seni boleh dibuka kembali mulai 8 Juni 2020. Tapi jumlah pengunjung dan tamu dibatasi hanya boleh 50 % saja.




Simak Video "Ada 258 Kasus Baru di Jakarta Jelang Berakhirnya PSBB Transisi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com