Lestarikan Wayang Suket, Dua Seniman Touring ke 20 Kota Besar Di Pulau Jawa

Kartika Bagus - detikHot
Senin, 26 Okt 2020 19:04 WIB
Seniman Wayang Suket
Wayang Suket Foto: Kartika Bagus/ detikcom
Solo -

Ingin memperkenalkan wayang suket ke seluruh penjuru daerah di Indonesia, dua seniman wayang suket, Gaga Rizki (30) dan Raka Mungkar (25) melakukan touring menggunakan sepeda motor ke 20 kota besar di pulau Jawa.

Mulai dari Solo, Tangerang, Jakarta, Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Purwokerto, Wonosobo, Yogyakarta, Semarang, Tuban, Surabaya, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Jember, Malang, Kediri, dan Ponorogo.

Kegiatan touring ini akan berlangsung selama 2 bulan, dimulai dari Senin (26/10) yang dilepas dan diberangkatkan secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Solo. Mereka akan kembali lagi ke kota Solo pada 26 Desember 2020 nanti.

Seniman Wayang SuketSeniman Wayang Suket Foto: Kartika Bagus/ detikcom

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan kota Solo, Agus Santosa, wayang suket menjadi warisan seni budaya bangsa Indonesia dan termasuk kearifan lokal. Komunitas Wayang Suket Indonesia ini harus kita backup dan bantu, meski pun dana sepenuhnya dari Kementerian.

"Semua komunitas yang mengajukan kegiatan seni kita tanya, kontribusi ke kota Solo apa? Selama memberikan kontribusi untuk kota Solo maka kami bantu memberikan rekomendasi", tambahnya.

Seniman Wayang SuketSeniman Wayang Suket Foto: Kartika Bagus/ detikcom

"Memang dengan kegiatan workshop dan performing tour ini, minimal ingin memperkenalkan komunitas wayang suket Indonesia yang ada di Solo. Ini termasuk warisan seni budaya yang ada di Solo, jangan sampai ini yang harus kita lestarikan juga. Jangan sampai setelah di klaim negara lain, baru kita tergopoh-gopoh kembali mengklaim," jelas Agus.

Makanya jauh-jauh hari harus kita lindungi dan kenalkan ke daerah lain bahkan kalau perlu ke pulau lain. Sementara, menurut dalang wayang suket Gaga Rizki, wayang suket adalah warisan budaya bangsa yang asli dari Jawa Timur dan Jawa Tengah yang harus dilestarikan.

"Nantinya kita akan melakukan pengenalan tentang wayang suket itu seperti apa, sejarahnya bagaimana, dan filosofinya bagaimana. Kemudian kita akan membuat wayang suket dengan bareng bareng bersama anak anak kecil dan diakhiri dengan pementasan," ucapnya.

Seniman Wayang SuketSeniman Wayang Suket Foto: Kartika Bagus/ detikcom

Bersama Raka Mungkar, seorang filmmaker dari Bandung, dan di wayang suket indonesia sebagai musisi dan filmmaker. Akan mendokumentasikan kegiatan mereka keliling 20 kota di pulau Jawa. Selama survey sebelum acara ini, ternyata banyak orang tidak pernah tahu yang namanya wayang suket.

"Sesuai dengan namanya suket itu dari bahasa jawa artinya rumput. Jadi wayang suket itu wayang yang terbuat dari rumput dan dia ga ada pakem seperti wayang kulit seperti cerita mahabarata ramayana itu ga ada," jelas gaga.

Di sepanjang perjalanan kedua seniman ini mengalir saja, mengadakan workshop dan juga pertunjukan. Bahkan kalau ada komunitas yang akan memintanya untuk datang ke kota yang tidak ada dalam rencana, mereka akan usahakan. Cukup menyediakan tempat dan penonton, sementara alat dan pertunjukan akan mereka siapkan, tambah Gaga.

Seniman Wayang SuketSeniman Wayang Suket Foto: Kartika Bagus/ detikcom


Simak Video "Mengenal Wayang Suket yang Dibuat dari Rumput Mendong"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)