Pentas Wayang Tavip Kampung Beringin Diputar Streaming Akhir Pekan Ini

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 02 Okt 2020 20:26 WIB
Pentas Wayang Tavip Bertajuk Kampung Beringin Diputar Streaming 3-4 Oktober 2020
Wayang Tavip Kampung Beringin diputar streaming akhir pekan ini Foto: IndonesiaKaya/ Istimewa
Jakarta -

Pencinta seni kembali disuguhi dengan program #NontonTeaterDiRumahAja. Akhir pekan ini, kamu bisa menonton pertunjukan wayang genre baru ala Budi Ros yang bernama Wayang Tavip.

Pentas Wayang Tavip yang bertajuk Kampung Beringin diputar secara streaming pada 3-4 Oktober 2020 pukul 15.00 WIB di channel YouTube IndonesiKaya.

Wayang Tavip merupakan jenis wayang kontemporer yang awalnya disebut Wayang Motekar. Tapi namanya berubah atas usulan dari Nano Riantiarno. Akhirnya nama wayang diubah sesuai nama kreatornya yaitu M. Tavip.

Dalang Wayang Tavip, Budi Ros, mengatakan Kampung Beringin adalah salah satu pementasan wayang yang membawa gaya mendalang seperti masa lalu yaitu dalang jemblung.

"Keunikan dari dalang jemblung yaitu menyampaikan cerita tanpa wayang, hanya mendongeng. Pada Wayang Tavip ini aspek visual justru menjadi sangat penting sesuai perkembangan zaman," tutur Budi Ros dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Jumat (2/10/2020).

Kampung Beringin adalah karya dari Budi Ros dan M Tavip, dibantu asisten dalang Sir Ilham Jambak, Yesa Andika, Tony G Achmad, Logo Situmorang yang juga menjadi grafis bersama Sekar Dewantari.

Kreator Kampung Beringin, M Tavip, menambahkan alih wahana pentas ke dalam medium film ini punya tantangan tersendiri di hal teknis misalnya saja pengambilan komposisi gambar close up, master shot, sampai angle dari belakang layar.

"Agar mampu menangkap rangkaian cerita dengan baik kami menggunakan tiga kamera dalam pengambilan gambar agar penikmat seni di rumah dapat melihat secara detail setiap bagian yang ditampilkan dan merasakan sensasi baru dalam menikmati pentas wayang," ujar M Tavip.

Pentas Wayang Tavip Bertajuk Kampung Beringin Diputar Streaming 3-4 Oktober 2020Pentas Wayang Tavip Bertajuk Kampung Beringin Diputar Streaming 3-4 Oktober 2020 Foto: IndonesiaKaya/ Istimewa

Pentas Kampung Beringin menceritakan sebuah desa bernama Kutowaringin yang gempar karena pohon beringin besar yang menjadi ikon desa itu ditebang. Warga sangat kehilangan bahkan sedih, tetapi perintah tebang datang dari Pak Kades.

Ada dua alasan mengapa pohon itu ditebang. Pertama, karena pohon itu, nama Kutowaringin yang nyaris tidak dikenal warga desa sekitar, yang lebih dikenal adalah Kampung Beringin, nama yang terkesan ndeso.

Kedua, pohon tua konon terlalu banyak dihuni setan dan setan itu sudah merasuki Agnes Winarni, putri tunggal Pak Kades.



Simak Video "Uniknya Seni Pertunjukan Gabungan, Jakarta."
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)