Mural George Floyd Dilukis di Kampung Halaman Jelang Pilpres AS

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 13 Okt 2020 09:06 WIB
Mural George Floyd Jelang Pilpres AS
Mural George Floyd ada di kampung halaman Foto: Istimewa
Jakarta -

Jelang ulang tahun ke-47, mural George Floyd dibuat di kampung halamannya di Houston, Texas, AS. Muralnya diresmikan awal pekan ini atau tiga minggu jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) AS.

Mural yang dibuat oleh seniman AS, Ange Hillz, ditampilkan di dinding luar toko yang sering dikunjungi George Floyd. Karyanya berada di salah satu sudut tembok yang menghadap ke jalan raya.

George Floyd digambarkan dalam tampilan banyak warna. Ada dua burung merpati yang tengah terbang di sekitarnya.

Burung merpati pun membawa pesan tersendiri bagi masyarakat. Satu burung membawa pesan bertuliskan 'Be the Change' atau 'Berubahlah', dan satu lagi mengajak masyarakat AS untuk 'Go Vote' kepada dua kandidat yang dijagokan.

Pesan itu sejalan dengan rencana anggota keluarga dan para pendukung Black Lives Matter yang bakal turun ke jalan-jalan pertengahan pekan ini. Mereka rencananya akan unjuk rasa damai di sekitar Minneapolis dan St.Paul, atau bertepatan dengan hari ulang tahun George Floyd.

Dilansir dari TMZ, anggota Kongres AS Sheila Jackson Lee, secara terbuka mendukung peristiwa yang terjadi pada George Floyd agar tidak terulang lagi.

Dia juga berbicara kepada publik sesuai dengan pesan di dalam mural. "Masyarakat AS, marilah mengeluarkan suara. Pilihlah pilihan kamu dan menjadi perubahan," ucapnya.

Meski ada rencana unjuk rasa, tapi keluarga George Floyd ingin demonstrasi dilakukan sesuai protokol kesehatan demi menghindari risiko penyebaran COVID-19. Demonstrasi tidak akan terjadi secara massif dan besar-besaran.

Awal bulan ini, terdakwa utama dalam kasus pembunuhan pria kulit hitam George Floyd, Derek Chauvin, yang juga mantan polisi Minneapolis, diperbolehkan meninggalkan negara bagian sambil menunggu persidangan berikutnya.

Hakim Cahlil memerintahkan agar Chauvin (44) menetapkan tempat tinggalnya di Minnesota atau 'negara bagian yang berdekatan sesegera mungkin'. Chauvin juga diwajibkan melapor kepada petugas yang ditugaskan oleh Lembaga Pemasyarakatan Minnesota untuk mengawasi dirinya.



Simak Video "Aksi Black Lives Matter Terus Bergaung di Amerika Serikat"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)