Mural Black Lives Matter Muncul Lagi Protes Kasus Penembakan Breonna Taylor

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 24 Sep 2020 10:57 WIB
Mural Black Lives Matter Muncul Lagi
Mural Black Lives Matter Foto: Istimewa
Jakarta -

Mural Black Lives Matter muncul lagi di tengah isu persidangan kematian perempuan kulit hitam, Breonna Taylor. Petugas polisi dari Louisville didakwa atas penggerebekan yang gagal dan menyebabkan penembakan fatal terhadap Breonna Taylor awal tahun ini.

Tapi hasil persidangan membuat kecewa masyarakat kulit hitam. Dakwaan persidangan tidak menyebutkan petugas polisi bertanggung jawab untuk kematian Breonna Taylor.

Mural Black Lives Matter pun muncul di salah satu area Eastern Mennonite University, Harrisonburg, Virginia dan menjadi mural permanen.

Direktur Urusan Multikultural, Celeste Thomas, mengatakan ide untuk membuat proyek ini muncul selama musim panas. Mahasiswa setuju untuk menghadirkan karya seni yang berbicara tentang ketidakadilan rasial yang terjadi di AS.

"Selama isu itu masih ada, kami terus bergerak maju dengan banyak kampanye," tuturnya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (24/9/2020).

Selama akhir pekan lalu, mural Black Lives Matter yang mirip ada di seberang Gedung Putih dicat. Mural berukuran raksasa yang berwarna kuning dan hitam menghiasi jalanan kampus.

Thomas juga mengatakan mural itu menjadi pengalaman emosional bagi mahasiswa dan staf kampus.

Ketika hasil persidangan Breonna Taylor muncul pada Rabu (23/9), Thomas mengatakan gerakan Black Lives Matter masih diperlukan di AS. Setelah George Floyd, Breonna Taylor menjadi kulit hitam berikutnya yang mengalami peristiwa penembakan serupa.

"Selama orang-orang di dalam hukum dan di luar hukum tidak dimintai pertanggungjawaban atas hal-hal yang akan kami pertanggungjawabkan, kami merasa sekarang tidak hanya membutuhkan mural untuk komunitas kulit hitam saja, tapi gerakan ini masih harus digalakkan," kata Thomas.

Sebelumnya, mural Black Lives Matter yang berada di seberang Gedung Putih dicat oleh seniman dan pengunjuk rasa Black Lives Matter. Muralnya sengaja berada di jantung kota pemerintahan Donald Trump.

Muralnya yang sempat dirusak pun, dipindahkan oleh pengunjuk rasa Black Lives Matter dipindahkan ke jalanan di depan Tower Trump. Mural Black Lives Matter kini ada di Fifth Avenue di kota New York City, AS.



Simak Video "Mural Raksasa Black Lives Matter di Dekat Kantor Trump"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)