Pesta Boneka #7 Dibuka, 40 Seniman dari 22 Negara Siap Tebar Kebahagiaan

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 06 Okt 2020 11:10 WIB
Pesta Boneka #7 Digelar Virtual Mulai 5-11 Oktober 2020
Pesta Boneka #7 resmi dibuka tadi malam secara virtual Foto: Pesta Boneka/ Istimewa
Jakarta -

Festival Pesta Boneka #7 resmi dibuka tadi malam secara virtual. Sebanyak 40 seniman individu maupun kelompok dari 22 negara siap menebar kebahagiaan bagi para pencinta teater sampai 11 Oktober 2020.

Pesta Boneka merupakan ruang berkumpulnya para seniman teater boneka dunia, pencinta teater, dan pelaku industri kreatif. Tahun ini, tema A Sip of Joy sengaja dipilih oleh penyelenggara.

Pendiri Pesta Boneka, Maria Tri Sulistyani atau akrab disapa Ria, mengatakan pihaknya tetap keras kepala untuk membuat Pesta Boneka saat pandemi COVID-19.

"Kami merasa perlu menemukan peran sebagai seniman di masa sekarang, apa sih fungsi seni, dan kami memutuskan untuk membawa energi positif yang akan membuat daya imun menjadi lebih baik," tutur Maria, saat jumpa pers virtual, Senin (5/10/2020).

Para seniman yang terpilih sebenarnya sudah diumumkan sejak akhir 2019, tapi pandemi mengubah segala rencana. Pada Mei, Ria dan tim Pesta Boneka menanyakan ulang kepada para seniman, apakah bersedia untuk berpartisipasi secara virtual.

"Suprisingly, sebagian besar mau dan melanjutkan secara virtual. Kami tadinya berpikir oh mungkin hanya 10 grup lalu naik menjadi 40 kelompok seniman maupun individu dari 22 negara, tadinya ada 18 negara," lanjut Ria.

Bright Ong dari The Artground Singapura mengatakan momen Pesta Boneka #6 yang digelar pada 2018 membuatnya terkenang sampai ia memutuskan di menit terakhir untuk mengikuti kembali.

[Gambas:Instagram]



"Saya pikir ada banyak alasan untuk mengatakan ya dan tidak. Memang ada beberapa festival lain yang akhirnya tetap menunda, tapi Pesta Boneka 2018 menurut saya sangat memorable. Kami memilih di menit terakhir, apa sih yang bisa kami lakukan untuk membantu sesama seniman," tutur Bright Ong.

Jae asal Thailand juga mengatakan hal yang sama. "Mengapa saya tidak ikut lagi," ucapnya optimis.

Seniman yang menggelar workshop cara membuat pop-up di Pesta Boneka #7 itu juga terkejut karena kuota yang disediakan sudah penuh. Ria mengatakan sebagian besar kursi sudah diregistrasi oleh teman-teman komunitas dari Indonesia bagian timur.

Pesta Boneka #7 Digelar Virtual Mulai 5-11 Oktober 2020Pesta Boneka #7 Digelar Virtual Mulai 5-11 Oktober 2020 Foto: Papermoon Puppet Theatre/ Istimewa

Vick Low yang tergabung dalam Epic Team The Artground juga menambahkan latar belakangnya sebagai musisi tak membuat ia diam tak bergabung.

"Saya musisi dan main cello. Kami bertukar ide seperti apa sih teater boneka, saya juga belajar banyak hal dalam 3 pertemuan virtual itu dan saya juga belajar tentang teater boneka, dan akhirnya kami mencoba membuat sesuatu yang nanti akan ditampilkan," kata Vick Low.

Pesta Boneka #7 sukses dibuka secara virtual tadi malam. Sekitar 330 orang lewat aksi pembuka dari komunitas Sakatoya dan Flying Balloons Puppet asal Yogyakarta yang merespons karya instalasi dari Papermoon Puppet Theatre. Di pentas utama ada I Know Something That You Don't Know.



Simak Video "Rizki-Ridho Buka Suara soal Tudingan Rusak Cagar Alam Gunung Guntur"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)