Pesta Boneka 2020 Digelar Virtual Mulai 5 Oktober, Siap Meriahkan?

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 04 Okt 2020 14:38 WIB
Papermoon Puppet Theatre Gelar Pesta Boneka #7 secara virtual
Foto: Pesta Boneka/ Istimewa
Jakarta -

Festival dua tahunan atau biennale Pesta Boneka yang ketujuh siap digelar virtual mulai 5 Oktober 2020. Bagi kamu pencinta teater boneka mancanegara, siap ikut berpartisipasi menonton pertunjukan?

Mengusung tema A Sip of Joy, Pesta Boneka 2020 menggaet 30 kelompok atau individu seniman dari 18 negara. Para seniman akan menampilkan pertunjukan, mengampu lokakarya, bedah buku hingga mengunjungi studio seniman teater di berbagai dunia.

Meyda Bestari dari bagian media dan komunikasi Pesta Boneka #7 menuturkan proses seleksi para seniman sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 2019.

"Karena adanya pandemi, kami tidak bisa melakukan secara offline. Yang sudah mendaftar di 2019, diberitakan lagi apakah bersedia untuk ikut dengan konsep yang akan berubah," tutur Meyda, ketika dihubungi detikcom.

Meyda menuturkan ada beberapa seniman yang ingin mengikuti residensi (tinggal bermukim dan berkarya) di Yogyakarta akhirnya berpikir ulang. Konsep Pesta Boneka tahun ini juga diubah secara virtual.

[Gambas:Instagram]

"Sebagian besar seniman dari proses seleksi tahun 2019 bersedia kembali mengikuti, dan ada juga yang mundur karena inginnya bertemu langsung atau offline," lanjutnya.

Para seniman dari 18 negara yang bergabung di antaranya adalah Argentina, Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Islandia, Indonesia, Iran, Italia, Jepang, Malaysia, Belanda, Filipina, Singapura, Slovakia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Inggris, AS, dan Vietnam.

Ada 8 kelompok maupun individu seniman asal Indonesia yang juga bergabung di tahun ini. Saat pembukaan ada kolaborasi dari tiga kelompok teater boneka asal Indonesia, yakni Papermoon Puppet Theatre, komunitas Sakatoya, dan Flying Balloons Puppet.

Pembukaan Pesta Boneka #7 digelar pada Senin (5/10/2020) pukul 19.30 WIB yang dibuka secara virtual. Ketiga kelompok teater bakal menampilkan pentas berjudul I Know Something That You Don't Know.

Festival teater boneka dua tahunan yang digelar sejak tahun 2008 itu menjadi ruang berkumpulnya seniman teater boneka seluruh dunia di Yogyakarta. Di perhelatan sebelumnya, ada 75 seniman dari 16 negara yang memeriahkan festival selama 3 hari penyelenggaraan.

Pesta Boneka #7 mulai dibuka pada 5 Oktober dan berakhir 11 Oktober 2020.



Simak Video "West Ham United Unggah Ampun Bang Jago, Tian-Ever: Nggak Nyangka!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)