Gaet 18 Negara, Pesta Boneka 2020 Tetap Digelar Virtual saat Pandemi

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 02 Okt 2020 12:38 WIB
Papermoon Puppet Theatre Gelar Pesta Boneka #7 secara virtual
Pesta Boneka 7 digelar pada 5-11 Oktober 2020 Foto: Pesta Boneka/ Istimewa
Jakarta -

Festival dua tahunan bernama Pesta Boneka tetap digelar secara virtual saat pandemi COVID-19 masih mewabah. Kelompok teater boneka asal Yogyakarta, Papermoon Puppet Theatre, sebagai penyelenggara mengumumkan festival bakal dibuka pada 5 Oktober 2020.

Ada 18 negara yang bakal berpartisipasi di festival teater boneka yang diselenggarakan sejak 2008.

"Nantinya akan ada 18 seni pertunjukan, 3 workshop, 4 studio visit, dua ceramah performans, 6 panel, serta diskusi buku yang digelar," tulis keterangan Pesta Boneka, seperti dilihat detikcom, Jumat (2/10/2020).

Dilihat dari akun Instagram Pesta Boneka, seniman-seniman yang berpartisipasi berasal dari Argentina, Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Islandia, Indonesia, Iran, Italia, Jepang, Malaysia, Belanda, Filipina, Singapura, Slovakia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Inggris, AS, dan Vietnam.

Pesta Boneka 2020 kali ini, mengusung tema Sip of Joy yang nantinya akan mengumpulkan seniman teater boneka hingga para pencinta teater boneka dari berbagai negara secara virtual.

Tema A Sip of Joy merupakan respons dari kondisi yang tengah dihadapi dunia saat ini. Papermoon Puppet Theatre ingin membawa seteguk kebahagiaan sebagai harapan bersama lewat hadirnya Pesta Boneka bertaraf internasional tersebut.

Salah satu program andalan dari Pesta Boneka #7 adalah When Puppeteer's Cook, yakni saat para seniman diminta memasak menu favorit mereka.

Sebelum festival dibuka, Papermoon Puppet Theatre dan EPIC Team dari The Artground Singapura sukses menggelar workshop untuk membuat dua karya baru pada pertengahan September. Hasil lokakarya akan menjadi pertunjukan berjudul Tacet.

Serta diskusi panel mengenai Puppetry for Babies yang nantinya bisa ditonton oleh pengunjung Pesta Boneka #7 secara virtual.

Pesta Boneka 2018 sebelumnya sukses menghadirkan 75 seniman dari 16 negara yang berkumpul di lokasi penyelenggaran, yakni Yogyakarta. Saat itu, ke-75 seniman menggelar 31 pementasan selama 3 hari penyelenggaraan.

Bagi kamu yang menyukai menonton teater boneka, bisa mengetahui agenda Pesta Boneka tahun ini lewat situs www.pestaboneka.com maupun akun Instagram pribadi @pestaboneka.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Musisi 'Ampun Bang Jago' Bakal Kolaborasi dengan Eka Gustiwana"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)