6 Grup Teater Boneka Indonesia Meriahkan Pesta Boneka 2018

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Agu 2018 16:03 WIB
6 Grup Teater Boneka Indonesia Meriahkan Pesta Boneka 2018 Foto: Papermoon Puppet Theatre
Jakarta - Pesta Boneka yang keenam segera diselenggarakan di Yogyakarta pada 12-14 Oktober 2018 mendatang. Dari 25 kelompok grup teater di 15 negara yang berpartisipasi, ada 6 grup teater yang berasal dari Tanah Air.

Salah satu pendiri Papermoon Puppet Theatre Maria Tri Sulistyani menuturkan jumlah grup teater yang mengikuti kali ini meningkat dari lima penyelenggaraan sebelumnya.

"Dua tahun lalu itu cuma ada Flyin Balloon Puppet. Tahun ini ada 6 kelompok teater boneka dari Indonesia. Akhirnya ya, kami punya teman juga," tutur perempuan yang akrab disapa Ria ketika mengobrol dengan detikHOT, belum lama ini.



Keenam kelompok teater boneka tersebut di antaranya adalah Flying Balloon Puppet yang kembali pentas, Ayo Dongeng Indonesia, sampai grup teater asal Bali.

"Ada juga pemain biola yang mau kolaborasi dengan penari dari Jepang, ada juga kelompok pendalangan dari Bali dan katanya mau bikin pentas yang kontemporer," lanjut Ria lagi.

Festival dua tahunan Pesta Boneka bertujuan untuk menampilkan pertunjukan teater boneka yang berbeda dari biasanya. Selama ini masyarakat umum memiliki mindset teater boneka tradisional pada umumnya.

Sedangkan pihak Papermoon Puppet Theatre sebagai penyelenggara ingin menghadirkan teater boneka yang kontemporer. "Kami inginnya ada hal lain dan baru untuk ditonton oleh orang Indonesia," pungkas Ria.

Digelar selama 3 hari di Yogyakarta, Festival Pesta Boneka yang digelar secara independen akan menghadirkan pertunjukan, workshop, ketika puppeteers memasak, karya seni instalasi, dan film screening.

(tia/mau)