Pesta Boneka #7 Dibuka Lewat Pentas Kolaborasi 3 Grup Seniman Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Senin, 05 Okt 2020 18:37 WIB
Jumpa pers Pesta Boneka #7
Pesta Boneka #7 segera dibuka secara virtual Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Gelaran Pesta Boneka #7 segera dibuka malam ini. Festival yang digelar setiap dua tahun sekali itu bakal dibuka lewat pertunjukan kolaborasi tiga grup seniman Indonesia.

Pertunjukan yang dibawakan oleh Papermoon Puppet Theatre, komunitas Sakatoya, dan Flying Balloon asal Yogyakarta tampil tepat pukul 19.30 WIB secara virtual.

Maria Tri Sulistyani atau akrab disapa Ria dari Papermoon Puppet Theatre mengatakan pentasnya diselenggarakan secara live.

"Live performans, sangat gila sih ini, memang akan menjadi pertunjukan langsung bukan rekaman. Sebenarnya kenapa kami mengundang dua komunitas lain karena kami menemukan hal penting untuk kelompok teater boneka di Yogyakarta agar terhubung satu sama lain," ungkap Ria, saat jumpa pers virtual, Senin (5/10/2020).

Menurut Ria yang juga pendiri Pesta Boneka, ini adalah momen terbaik untuk saling bergandengan tangan antar sesama seniman.

"Ini momen terbaik untuk upaya menghidupkan kembali ekosistem atau teater boneka yang ada di Yogyakarta. Kebetulan tiga kelompok ini dari Yogyakarta," katanya.

Untuk menggarap pertunjukan I Know Something That You Don't Know, pihak Papermoon Puppet Theatre bersama dua komunitas lainnya melakukan kolaborasi.

Jumpa pers Pesta Boneka #7Jumpa pers Pesta Boneka #7 pada Senin (5/10/2020) sore. Foto: Tia Agnes/detikHOT

"Kami punya banyak topeng, instalasi boneka di pinggir sungai yang jadi ikon venue di Pesta Boneka. Karena kami tema-nya A Sip of Joy, kami memilih alam dan orang adalah elemen terpenting," lanjut Ria.

Di awal pembukaan, ada pentas yang dibawakan oleh Komunitas Sakatoya dan Flying Balloons Puppet yang merespons karya seni dan instalasi ciptaan Papermoon Puppet Theatre yang dipajang di pinggir sungai dekat kediaman studio mereka. Setelah aksi pembuka, ada pertunjukan utama yang dibawakan Papermoon Puppet Theatre yang berjudul I Know Something That You Don't Know.

Meyda Bestari dari Flying Balloons Puppet mengatakan ketiga kelompok seniman ini sudah berteman baik sejak awal festival.

"Flying Balloon Puppet sempat pause ketika pandemi, ketika ada waktu untuk berproses dan bertemu dengan tim, kami menggodok konten bersama untuk jadi satu hal baik dan memanaskan mesin kami," tambah Meyda.

Mengusung tema A Sip of Joy, Pesta Boneka 2020 menggaet 40 kelompok atau individu seniman dari 22 negara (sebelumnya tercatat 18 negara). Para seniman akan menampilkan pertunjukan, mengampu lokakarya, bedah buku hingga mengunjungi studio seniman teater di berbagai dunia.

Selama 7 hari ke depan, para pencinta seni teater boneka bisa menonton pentas Pesta Boneka #7 secara virtual dan gratis dengan registrasi terlebih dahulu. Jika kuota penuh, bisa menonton via situs www.pestaboneka.com.



Simak Video "Pernah Berutang Rp 17 M, Kevin Aprilio Tak Kapok Bisnis Investasi "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)