Viral, Karya Seni dari 32 Ribu Kg Wortel Jadi Sensasi Aneh

Tia Agnes - detikHot
Senin, 05 Okt 2020 10:58 WIB
Karya Seni dari 32 ribu kilogram wortel di Inggris
Karya seni 32 ribu kilogram wortel yang viral di Inggris Foto: Istimewa
Jakarta -

Ada-ada saja karya seni yang dibuat oleh mahasiswa seni di London, Inggris. Karya seni instalasi itu akhirnya menjadi sensasi yang aneh dan viral di jagat maya.

Suatu hari, para mahasiswa melihat truk membuang 32 ton atau sekitar 32.000 kilogram wortel segar di luar gedung kampusnya, Universitas Goldsmiths, London. Gundukan sayuran raksasa itu dikira adalah sebuah lelucon, tapi ternyata tidak.

Karya itu adalah ciptaan Rafael Perez Evans, mahasiswa yang tengah mengambil gelar master di kampus terkenal di London tersebut. Di samping karya instalasi tersebut, ada judul karya yakni Grounding.

Grounding yang meminjam dari aksi 'dumping' artinya sarana protes yang digunakan petani Eropa untuk membuat tenaga kerja mereka terdevaluasi oleh konsumen atau badan pemerintah yang cuek.

Dilansir dari Art News, karya seni itu menjadi sensasi setelah reporter The Times posting ke akun Twitter. Seketika, karyanya menjadi perbincangan di jagat maya Inggris dan belahan negara Eropa lainnya.

Universitas Goldsmiths mengklarifikasi sensasi itu adalah sebuah karya seni.

"Rafael telah mengatur agar wortel disingkirkan di akhir pameran dan disumbangkan untuk hewan ternak," cuit Universitas Goldsmiths London, di akun Twitter resminya.

Karya seni Evans juga menyinggung tumpukan besar hasil bumi yang dibuang di daerah perkotaan. Terkadang ada di luar gedung pemerintah atau persimpangan jalan yang sibuk.

Pada 2009, peternak sapi perah dari Eropa membekukan produksinya di tengah harga pasar yang menurun tajam. Pengunjuk rasa di Belgia juga pernah menuangkan tiga juta liter susu ke ladang di negara itu sampai menimbulkan protes ke berbagai negara di Eropa.

Sang seniman juga menyatakan wortel yang digunakan sebagai tumpukan karya seni adalah jenis yang dianggap tidak cocok di jual di pasar maupun supermarket.

"Wortel itu hanya cocok untuk makanan ternak," tegasnya.

Gara-gara karya seni instalasi 32.000 kilogram wortel itu juga muncul perdebatan tumpukan itu bukan termasuk karya seni karena terbilang aneh.

Tapi di industri seni rupa seniman-seniman asal Inggris seperti Damien Hirst sampai Sarah Lucas membuat karya dari benda-benda aneh, di antaranya bangkai binatang dan makanan.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)