PBB Desak Uni Eropa Selamatkan Migran di Kapal Penyelamat Milik Banksy

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 01 Sep 2020 12:42 WIB
Kapal penyelamat migran yang didanai seniman Banksy
Kapal penyelamat milik seniman asal Inggris Banksy Foto: Istimewa
Jakarta -

Ratusan migran yang terdampar di laut Mediterania diselamatkan oleh seniman asal Bristol, Inggris, Banksy. Mereka berada di kapal penyelamat yang didanai oleh sang seniman.

Selama seminggu lamanya, kapal bernama Louise Michel berlayar dan menyelamatkan para migran. Setelah berkicau meminta bantuan kepada negara-negara Uni Eropa, akhirnya Italia mengirimkan bantuan kepada kapal Banksy tersebut.

PBB pun mendesak agar negara-negara yang tergabung di Uni Eropa mengizinkan ratusan pengungsi dan migran yang terdampar di Laut Mediterania untuk diselamatkan. Pernyataan tersebut dibuat oleh Komisaris Tinggi PBB untuk pengungsi dan organisasi migrasi internasional.

"Kami menyerukan agar adanya pendaratan segera lebih dari 400 migran dan pengungsi yang diselamatkan saat ini di atas tiga kapal di laut Mediterania Tengah," tulis keterangan PBB, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (1/9/2020).

PBB juga menegaskan rasa kemanusiaan untuk menyelamatkan nyawa manusia tidak boleh ada kata tidak. Salah satu dari tiga kapal yang disebut PBB adalah kapal milik seniman Banksy.

Kapal Louise Michel membuat panggilan mayday dari ombang-ambing di lautan lepas. Di atas kapal, lebih dari 130 orang yang menunggu bantuan.

Kru kapal Louise Michel juga menyatakan kekecewaan terhadap negara-negara Uni Eropa yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya di akun Instagram resmi Banksy, ia mengumumkan kapal yang terdapat karya seninya memang milik seniman asal Bristol tersebut. Pada September 2019, Banksy pertama kali menyambangi kapten berpengalaman sejumlah kapal LSM untuk meminta bantuan.

Proyek itu bertujuan menyelamatkan migran yang hanyut dan terdampar di lautan lepas agar bisa selamat dan menemukan suaka. Misi kapal Louise Michel adalah menegakkan hukum maritim dan menyelamatkan siapapun dalam keadaan bahaya tanpa adanya prasangka.

Banksy terbilang seniman grafiti yang selalu mendobrak batas dan membuat karya seni tak biasa. Berbagai karyanya kerap menyentil kebijakan pemerintah maupun dunia internasional.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)