detikHot

art

Banksy 'Bakar' Bendera Amerika Serikat

Minggu, 07 Jun 2020 21:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Banksy Foto: Banksy/ Instagram
Jakarta -

Demonstrasi besar-besaran menuntut keadilan atas kematian George Floyd dan warga kulit hitam lainnya menyebar di mancanegara. Seruan Black Lives Matter pun menggema.

Banksy tak ingin berdiam diri. Seniman jalanan asal Inggris itu membuat karya seni yang diunggah di akun Instagram @banksy. Ada dua gambar yang diunggah Banksy.

Gambar pertama adalah potret pria kulit hitam yang dipenuhi karangan bunga dan lilin-lilin yang sudah mencair.

Potret kedua yang lebih mencengangkan. Lilin yang masih menyala tinggi itu membakar satu sudut dari bendera Amerika Serikat yang dipajang di atas potret tersebut.



Banksy memberikan sebuah pesan di balik karya terbarunya tersebut. Ia merasa perlu terlibat dalam peristiwa yang sedang terjadi di AS tersebut.

"Ini bukan hanya masalah mereka (warga kulit hitam). Tapi ini juga masalah saya (warga kulit putih)," tulis Banksy seperti dilihat detikcom, Minggu (7/6/2020).

"Seperti pipa pecah yang membanjiri apartemen orang yang tinggal di bawah tangga. Sistem yang salah ini membuat hidup mereka sengsara, itu bukan tugas mereka untuk memperbaikinya," tukasnya.

Lukisan itu menuai kritikan tajam karena bendera Amerika Serikat yang terbakar. Di Amerika Serikat, ada aturan setiap warga negara yang membakar bendera nasionalnya akan dibui selama satu tahun lamanya.

Sampai sekarang karya seni Banksy mendapatkan likes 2,1 juta dukungan dan puluhan ribu komentar.

[Gambas:Instagram]






Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com