Patung Baru Putri Diana Akan Dibangun Bertepatan dengan Hari Ultah ke-60

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 01 Sep 2020 11:18 WIB
Putri Diana
Patung Putri Diana segera diresmikan di Istana Kensington Inggris Foto: Instagram
Jakarta -

Sepeninggal Putri Diana, Kerajaan Inggris membangun sebuah patung baru demi menghormati kepergian Putri Wales tersebut. Patungnya bakal dibangun pada Juli 2021 atau bertepatan dengan hari ulang tahun sang putri yang ke-60 tahun.

Menurut keterangan kerajaaan Inggris, patung Putri Diana itu akan dipajang di Istana Kensington tahun depan. Seharusnya pendirian patung digelar tahun ini tapi ditunda setahun karena pandemi COVID-19.

Rencana pembuatan patung ibunda dari Pangeran William dan Harry bermula dari tahun 2017. Mereka telah memesan patung untuk menghormati ibunya yang meninggal karena kecelakaan mobil di terowongan Paris lebih dari 20 tahun yang lalu.

"Sosok ibu kami penting bagi dunia dan menyentuh banyak kehidupan," ungkap Pangeran William, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (1/9/2020).

Mereka berharap patung Putri Diana dapat menginspirasi masyarakat Inggris dan warisan ibundanya bisa hidup sampai kapan pun.

Kerajaan Inggris pun memilih pematung Ian Rank-Broadley sebagai seniman yang membuatkan patungnya. Sebelumnya, ia pernah menggambar Ratu Elizabeth II untuk koin kerajaan Inggris.

Mereka tertarik dengan kreasi karya pematung yang juga disukai oleh pihak kerajaan.

Putri Diana adalah istri pertama pewaris takhta Pangeran Charles. Ia meninggal karena limusin yang membawa dirinya dan kekasihnya Dodi al-Fayed mengalami kecelakaan di terowongan Paris pada Agustus 1997.

Saat itu, Pangeran William berusia 15 tahun dan adiknya masih 12 tahun. Inggris dan keluarga kerajaan mengalami rasa duka yang mendalam karena kematian Putri Diana.

Putri Diana dimakamkan di pulau pribadi tempat pemakaman keluarga Spencer bernama Athorp, Northamptonshire, Inggris, pada 6 September 1997 dan dipublikasikan di seluruh dunia.

Sebelum rencana pembangunan patung Putri Diana, tugu peringatan permanen dibangun pertama kalinya di Hyde Park, Inggris pada 2004. Air mancur sepanjang 210 meter dibangun setelah perselisihan birokrasi dan desain.

Patung Putri Diana akan diresmikan pada 1 Juli 2021.



Simak Video "Kristen Stewart Jadi Putri Diana di Film 'Spencer'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)