ARTJOG Resilience Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat

Pradito Rida Pertana - detikHot
Sabtu, 29 Agu 2020 16:22 WIB
ARTJOG Resilience tetap digelar saat pandemi COVID-19
ARTJOG Resilience dibuka terbatas dengan aturan ketat dari pemerintah Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta -

Festival seni kontemporer tahunan, ARTJOG resmi dibuka pada 8 Agustus lalu. Meski sudah dibuka, festival yang berlangsung hingga 10 Oktober belum dibuka untuk umum dan masih dalam tahap simulasi. Bagaimana suasana saat simulasi di akhir bulan ini?

Perlu diketahui, pengunjung simulasi ARTJOG kali ini merupakan undangan dan sebelumnya telah melakukan reservasi. Nantinya, bagi pengunjung yang mendapat undangan sesampainya di Jogja Nasional Museum (JNM), Kecamatan Wirobrajan, Kota Yogyakarta, wajib menjalani pemeriksaan suhu dan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum memarkirkan kendaraan.

Sebelum masuk, pengunjung harus melakukan verifikasi reservasi. Kemudian, pengunjung harus menjalani pemeriksaan suhu kembali serta mencuci tangan menggunakan hand sanitizer dan baru diperbolehkan masuk.

Di dalam ruang pamer sendiri ada panitia yang berjaga di setiap sudut. Ada pula beberapa botol hand sanitizer di beberapa sudut ruang pamer.

ARTJOG Resilience tetap digelar saat pandemi COVID-19ARTJOG Resilience tetap digelar saat pandemi COVID-19 Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Ruang pamer sendiri terdiri dari 3 lantai, yang menarik di lantai 2 terdapat salah satu ruang yang mewajibkan pengunjung untuk melepas alas kaki saat masuk.

Tampak pula pengunjung yang hadir begitu mentaati protokol kesehatan. Selain itu, mereka juga menerapkan jaga jarak ketika berada di ruang pamer.

Media relations ARTJOG 2020, Salsabila Daniswara menjelaskan, ARTJOG tahun ini belum sepenuhnya dibuka untuk umum. Sambil menunggu keputusan Pemerintah Kota Yogyakarta, pihaknya melakukan uji simulasi sejak 22 Agustus.

"Iya betul (ARTJOG tahun ini masih uji coba), jadi baru undangan saja (yang bisa menikmati preview ARTJOG)," katanya kepada detikcom.

ARTJOG Resilience tetap digelar saat pandemi COVID-19ARTJOG Resilience tetap digelar saat pandemi COVID-19 Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Salsa melanjutkan, ada 10 ketentuan preview ARTJOG Resilience. Berikut ketentuannya:

1. Preview pameran akan dilaksanakan dalam dua sesi, yakni sesi 1 pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi 2 pukul 13.00-15.00 WIB.
2. Setiap sesi berlangsung selama 2 (dua) jam, dengan jumlah maksimal 30-50 orang per sesi.
3. Tamu undangan wajib melakukan reservasi terlebih dahulu.
4. Tamu dari luar DIY atau lepas bepergian dari luar DIY dalam kurun waktu 14 hari, harus melengkapi diri dengan membawa surat keterangan kesehatan dengan hasil rapid test non-reaktif atau PCR/Swab negatif.


5. Tamu undangan hadir 30 menit sebelum waktu pelaksanaan preview pameran.
6. Tamu undangan wajib menggunakan masker selama berada di area pelaksanaan ARTJOG: Resilience
7. Tamu undangan harus berada dalam kondisi sehat dengan suhu tubuh di bawah 37,5 Celcius
8. Tamu undangan wajib menjaga jarak aman satu sama lain.
9. Tamu undangan wajib mencuci tangan sebelum memasuki ruang pamer.
10. Tamu undangan diharapkan membawa sendiri alat ibadah dan kelengkapan pribadi lainnya.



Simak Video "Kantor DPRD DIY Ditutup Gegara 4 Anggota Kena Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(Pradito Rida Pertana/tia)