Pentas Ludruk Kekinian Dukun Tiban Ajak Pencinta Seni Beramal Sambil Tertawa

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 28 Agu 2020 14:55 WIB
Mitra Seni Indonesia Gelar Pertunjukan Ludruk Kekinian Dukun Tiban pada 30 Agustus 2020
Mitra Seni Indonesia gelar pentas ludruk kekinian pada 30 Agustus 2020 Foto: Mitra Seni Indonesia/ Istimewa
Jakarta -

Pandemi Corona yang mewabah di Indonesia dan mancanegara membawa banyak perubahan, khususnya industri seni. Mitra Seni Indonesia menggelar pagelaran amal ludruk kekinian yang mengusung judul Dukun Tiban.

Ketua Umum Mitra Seni Indonesia, Sari Ramdani, mengatakan kesenian ludruk menjadi pilihan untuk dipentaskan karena dekat dengan masyarakat Indonesia.

"Kita fokus pada kelompok seni dan budaya yang terdampak pandemi COVID-19. Ludruk jadi pilihan kami untuk bisa berrkarya. Kami persembahkan dalam bentuk streaming pada 30 Agustus nanti di YouTube Mitra Seni Indonesia," tuturnya saat jumpa pers virtual, Jumat (28/8/2020).

Pertunjukan ludruk berasal dari Jawa Timur, tapi Mitra Seni Indonesia menampilkan dalam bentuk modern. Dialog yang digunakan pun memakai bahasa Indonesia.

Dukun Tiban nantinya dibuka oleh tarian remo yang dikolaborasikan oleh flash mob yang dibawakan para penari muda dari Komunitas Seni Pada Mara dan diiringi gamelan. Bagian berikutnya Tiara Andini akan menyanyikan lagu secara medley.

Ada ngidung yang menjadi pakem dari kesenian ludruk dan dibawakan oleh Probarini dari Surabaya. Komedian Cak Lontong dan pemain ludruk legendaris Cak Kirun juga bakal memeriahkan pertunjukan.

Mitra Seni Indonesia Gelar Pertunjukan Ludruk Kekinian Dukun Tiban pada 30 Agustus 2020Mitra Seni Indonesia Gelar Pertunjukan Ludruk Kekinian Dukun Tiban pada 30 Agustus 2020 Foto: Mitra Seni Indonesia/ Istimewa

Dukun Tiban juga didukung oleh Rina Listy, pemain ludruk senior Ribut Kenedy yang juga dipercaya sebagai sutradara. Para komedian senior seperti Qomar, Derry, dan Eman turut terlibat.

Ketua Panitia pentas Dukun Tiban, Hesti Kresnarini, mengatakan pertunjukan ini mengajak publik agar mencinta budaya lokal khususnya kesenian tradisional.

"Ceritanya juga menyesuaikan dengan keadaan pandemi saat ini agar pesan yang disampaikan masuk ke penonton," katanya.

Pentas Dukun Tiban menceritakan keadaan masyarakat saat pandemi Corona. Gelaran dibuat kekinian agar bisa mengikuti selera generasi muda.

Mitra Seni Indonesia Gelar Pertunjukan Ludruk Kekinian Dukun Tiban pada 30 Agustus 2020Mitra Seni Indonesia Gelar Pertunjukan Ludruk Kekinian Dukun Tiban pada 30 Agustus 2020 Foto: Mitra Seni Indonesia/ Istimewa

"Tiara Andini sengaja kami undang sebagai bintang tamu dari generasi muda. Para penari juga anak-anak muda, harapannya agar pertunjukan ini ditonton lintas generasi. Mudah-mudahan sukses, penonton banyak, dan banyak yang berkenan beramal," kata Hesti.

Sebelum digelar streaming di YouTube Mitra Seni Indonesia pada 30 Agustus, para pemain dan kru sudah melakukan proses syuting sesuai protokol dan aturan pemerintah.

Dukun Tiban bisa ditonton di kanal YouTube Mitra Seni Indonesia pada 30 Agustus pukul 19.00 WIB.



Simak Video "Uniknya Seni Pertunjukan Gabungan, Jakarta."
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)