Tak Hanya Konser, Pameran Seni Drive-in Kini Ada di Belanda

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 27 Agu 2020 10:08 WIB
Pameran seni drive-in di Belanda
Pameran seni drive-in ada di Belanda Foto: Istimewa
Jakarta -

Dimulai dari bioskop hingga konser musik drive-in, sekarang pandemi COVID-19 juga membawa perubahan bagi dunia seni. Pengunjung museum di Belanda kini bisa melihat karya seni dari dalam mobil mereka.

Di Rotterdam Ahoy, Belanda, ada ruang pamer besar yang seharusnya diisi untuk kontes lagu Eurovision tahun ini. Tapi lokasi tersebut terpaksa kosong karena Corona melanda dunia.

Bekerja sama dengan Museum Boijmans Van Beuningen kini ada pameran seni berskala besar yang bisa dinikmati di dalam mobil atau disebut pameran seni drive-in.

"Boijmans Ahoy Drive-Thru Museum yang dibuka untuk umum pada 1 Agustus merupakan kolaborasi yang tidak disengaja," tulis keterangan museum, seperti dilansir detikcom dari berbagai sumber, Kamis (27/8/2020).

"Museum Boijmans Van Beuningen di Rotterdam menunggu kesempatan untuk menampilkan karya seninya, mulai dari abad pertengahan sampai kontemporer," lanjut keterangan museum.

Museum sukses memajang lebih dari 150.000 koleksi secara keliling di benua Eropa sebelum pandemi melanda. Ketika Corona mewabah di Eropa, pameran keliling terpaksa terhenti.

Sayangnya pengalaman menikmati pameran seni drive-in hanya bisa diikuti oleh warga yang memiliki mobil listrik. Nantinya pengunjung akan memasuki aula besar yang gelap dan lampu mobil diperbolehkan menyala.

Ibarat permainan petak umpet, sebanyak 40 karya seni muncul dari kegelapan. Tentunya, karya seni yang dihadirkan akan penuh warna dan tampak mencolok.

Salah satu karya yang ditampilkan adalah karya seni instalasi video Nummer acht karya seniman Belanda yang berjalan di atas es. Ada juga lukisan, patung, dan berbagai karya video interaktif lainnya.

Sebelumnya, pameran seni drive-in pernah terselenggara di Toronto, Kanada, buat eksibisi yang menampilkan Vincent van Gogh.



Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)