Pentas Daring Rumah Kenangan Gaet Butet Kartaredjasa hingga Reza Rahadian

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 06 Agu 2020 15:27 WIB
Pertunjukan Teater Daring Rumah Kenangan Digelar 15-16 Agustus 2020
Titimangsa Foundation gelar pertunjukan virtual Rumah Kenangan pada 15-16 Agustus 2020 Foto: Titimangsa Foundation/ Istimewa
Jakarta -

Pertunjukan virtual berjudul Rumah Kenangan siap mengisi akhir pekanmu pada 15-16 Agustus 2020. Pentas daring teater pertama yang digelar tanpa penonton disutradarai Agus Noor serta dimeriahkan oleh aktor dan aktris kenamaan Indonesia.

Sejumlah nama mengisi pementasan Rumah Kenangan. Mereka adalah Butet Kartaredjasa, Ratna Riantiarno, Happy Salma, Wulan Guritno, Reza Rahadian sampai Susilo Nugroho dari Teater Gandrik.

Happy Salma menuturkan pentas yang digelar oleh Titimangsa Foundation dialih mediakan ke dalam bentuk film atau cinema play.

"Alih media pementasan ini yang kemudian akan ditayangkan secara langsung di platform digital," tulis Happy Salma di akun Instagram pribadi, seperti dilihat detikcom, Kamis (6/8/2020).

[Gambas:Instagram]



Pertunjukan Rumah Kenangan mengisahkan tentang enam manusia dengan beragam karakter yang diikat karena persaudaran. Gara-gara pandemi COVID-19, mereka terpaksa tinggal di satu rumah bersama setelah tinggal berpencar.

"Ternyata segala yang selama ini terpendam, terbuka secara perlahan di dalam sebuah rumah kenangan," tulis Happy Salma.

Happy Salma menegaskan sebelum menggelar latihan di Yogyakarta, para pemain melakukan proses reading naskah via Zoom. Proses yang berlangsung sekitar dua bulan itu berjalan lancar.

Kemudian, ketika berkumpul di Yogyakarta untuk proses latihan dan syuting, para pemain dan kru melakukan rapid test. Mereka memastikan dalam keadaan sehat.

"Pentas dilakukan seperti pada umumnya kita pentas, tidak ada cut to cut kecuali perpindahan set. Jadi walau ini teater daring, mungkin pertama di indonesia selama masa pandemi ini. Tapi keasikan permainan teater dan ruang peristiwa rasanya tetap terjaga. Tapi tentu energi magis menonton langsung tak akan pernah bisa tergantikan," tulis Happy Salma.

"Jujur, pentas kali ini walau deg-deg an tapi saya puas, Akhirnya saya bisa satu panggung bersamaan dengan @ratnariantiarno @masbutet yang dimana mereka berperan sebagai ibu tiri dan ayah saya. ini naskah dialognya lumayan cukup panjang untuk mereka lho," sambungnya.

Pentas daring Rumah Kenangan digelar pada 15-16 Agustus 2020 di situs Indonesia Kaya pukul 20.00 WIB. Tiketnya dibanderol Rp 35.000 saat 10 Agustus, setelahnya dijual Rp 50.000.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Ketertarikan Reza Rahadian Main Teater di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)