Made Wiguna Valasara Raih Voting Terbanyak di Penghargaan Seni Asia Pasifik

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 22 Jul 2020 13:34 WIB
Karya Seni Made Wiguna Valasara di ajang Sovereign Asian Art Prize 2020
Karya Seni Seniman Bali Made Wiguna Valasara Foto: Istimewa
Jakarta -

Satu lagi prestasi ditorehkan oleh seniman Indonesia di kompetisi seni internasional. Seniman asal Bali, Made Wiguna Valasara, berhasil menangkan voting publik terbanyak di ajang Sovereign Asian Art Prize 2020.

Namanya diumukan menjadi pemenang kategori The Public Vote Prize dan mendapatkan US$1.000 atau sekitar 14,6 juta. Lewat karya seni Daily Parade, karya seni Made Wiguna Valasara yang khas seni lukis Bali mengharumkan nama Indonesia.

Salah satu tim dewan juri Sovereign Asian Art Prize, David Elliot, mengatakan penghargaan bergengsi di Asia Pasifik ini sudah berjalan sejak 16 tahun yang lalu.

"Penghargaan seni ini terus berkembang dan menjadi besar. Tahun lalu kami punya ratusan ribu karya seni yang dinominasikan oleh 80 tim juri terpilih di puluhan negara," kata David Elliot, saat pengumuman Sovereign Asian Art Prize 2020 di akun Instagram, seperti dilihat detikcom.

Tapi tahun ini penyelenggara Sovereign Asian Art Prize 2020 membuat kompetisi lebih kecil lagi karena pandemi COVID-19.

"Tahun ini kami bertahan karena pandemi COVID-19 dan saya mengumumkan kategori The Public Vote Prize yang dimenangkan oleh seniman asal Bali, Indonesia, Made Wiguna Valasara, yang terpilih dari 4.000 orang yang memilihnya di website kami," tuturnya.

[Gambas:Instagram]



Seniman kelahiran 1983 ini, lanjut David Elliot, punya cara unik untuk mengartikan kanvas kosong. Setelah mengeksplorasi materi, Valasara menyadari ada banyak cara untuk berkarya dengan kanvas.

"Valasara mengganti lukisan dengan jahitan dan isian kanvas untuk membuat gambar melalui kontur dan volume, bukan warna atau garis," lanjut David Elliot.

Dalam karyanya, Valasara mengeksplorasi apa artinya menjadi orang Bali dan tinggal di sebuah pulau yang eksotis. Ia meminjam pola tradisional khas Bali untuk menggambarkan kehidupan sehari-hari yang ramai.

Made Wiguna Valasara juga mengeksplorasi apa artinya menjadi orang Bali, hidup di luar norma, menjalin ikatan komunal yang kuat, dan berkewajiban hidup dalam sebuah keluarga.

Pemenang utama di ajang Sovereign Asian Art Prize 2020 adalah seniman asal Australia, Alex Seton yang meraih US$ 30,000 untuk karya seni berjudul Oilstone 05_Corrosion (2019).

Seniman asal Pakistan, Saba Qizilbash, juga memenangkan kategori The Vogue Hong Kong Women's Art Prize dan meraih US$ 5,000.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)