detikHot

art

Lukisan tentang Harapan Antar Andy Dewantoro ke Sovereign Asian Art Prize 2019

Rabu, 20 Mar 2019 15:43 WIB Tia Agnes - detikHot
Lukisan tentang Harapan Antar Andy Dewantoro ke Sovereign Asian Art Prize 2019 Foto: Istimewa Lukisan tentang Harapan Antar Andy Dewantoro ke Sovereign Asian Art Prize 2019 Foto: Istimewa
Jakarta - Nama Andy Dewantoro masuk dalam finalis penghargaan The Sovereign Asian Art Prize 2019. Lukisannya yang berjudul 'The Other Way' bersaing dengan 29 finalis seniman Asia lainnya dari seluruh negara Asia.

Seniman asal Lampung yang saat ini tinggal dan berkarya di Bandung menuturkan lukisan tersebut tentang harapan yang berasal dari cahaya.

"Jika ada cahaya, ada harapan. Cahaya tidak dikenal tanpa kehadiran kegelapan. Kita terbiasa dengan doktrin gelap yang menjadi kebalikan dari cahaya," ujarnya menjelaskan tentang karyanya saat dihubungi detikHOT, Rabu (20/3/2019).



"Faktanya cahaya tidak memiliki nilai tanpa kegelapan dan ia bekerja sebaliknya. Cahaya adalah solusi bagi kehidupan dalam mencapai harapan dan kegelapan mendorong untuk semangat dalam menemukan cahaya," lanjutnya lagi.

Lukisan 'The Other Way' yang berukuran 1,50 x 1,50 meter itu menggambarkan kekosongan ruang bawah tanah parkir dengan beton. Neon melambangkan cahaya memecah kegelapan di lokasi tempat parkir tersebut.

Karya Andy Dewantoro bakal dipajang bersama 29 karya finalis lainnya mulai 6 hingga 14 April mendatang. Lokasi pameran di gedung bersejarah di Tai Kwun, Hollywood Road, Central, Hong Kong.

Nantinya bakal merambah ke lokasi lainnya di HART Hall di 80 Queen's Road Central. Pengumuman pemenang dibacakan pada 17 Mei 2019.




(tia/nkn)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed