Pentas Teater Koma Republik Petruk Diputar Streaming Akhir Pekan Ini

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 10 Jul 2020 14:56 WIB
Teater Koma Pentaskan Republik Petruk
Teater Koma tampilkan pertunjukan Republik Petruk Foto: Istimewa
Jakarta -

Teater Koma menghadirkan pertunjukan Republik Petruk secara streaming akhir pekan ini. Para penikmat seni kini bisa menyaksikan rekaman pementasan Republik Petruk yang digelar pada 11-12 Juli 2020 pukul 14.00 WIB.

Republik Petruk merupakan trilogi dari serial Kisah-Kisah Republik; Republik Bagong (2001) dan Republik Togog (2004). Lakon yang pernah dipentaskan pada 2009 ini adalah pementasan yang tragis, kocak, getir, dan konyol yang dimainkan oleh pemain Teater Koma.

Sutradara Teater Koma, Nano Riantiarno, menuturkan pertunjukan yang menggambarkan kehidupan sehari-hari di sekitar kita mengajak agar hidup lebih optimis lagi.

"Selain menjadi hiburan bagi penikmat seni, lakon ini juga dapat membukakan mata dan memberi pandangan baru tentang beragam masalah yang kerap terjadi di sekitar kita," ujar Nano Riantiarno dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Jumat (10/7/2020).

Teater Koma Pentaskan Republik PetrukTeater Koma Pentaskan Republik Petruk Foto: Istimewa

Kisah dalam pementasan Republik Petruk bermula saat Mustakaweni berhasil mencuri jimat Kalimasada, pusaka Pandawa, dengan cara menyamar sebagai Gatotkaca. Srikandi tak mampu merebut kembali Kalimasada.

Di waktu yang bersamaan, datang satria bagus bernama Priambada. Dia sedang mencari ayahnya, Arjuna. Srikandi sedia menolong dengan syarat sang satria harus merebut kembali Jimat Kalimasada.

"Petruk yang dititipkan Jimat Kalimasada jadi Prabu Belgeduwelbeh Tongtongsot tapi ketika ia menjadi raja maka hilang harapan meraih masa depan yang baik karena semua berhenti pada wacana saja," ujar Nano.

Republik Petruk tak hanya menampilkan kisah pewayangan tapi juga berkolaborasi dengan estetika fashion Harajuku. Dilihat dari gaya rambut, tata rias, baju, sepatu sampai aksesori para pemain.

Teater Koma Pentaskan Republik PetrukTeater Koma Pentaskan Republik Petruk Foto: Istimewa

Pertunjukan Republik Petruk menjadi bagian dari program #NontonTeaterDiRumahAja yang digagas oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Sebelum Republik Petruk, ada 4 pertunjukan lainnya yang digelar sepanjang Juli 2020. Di antaranya adalah Sin Jie Kwie pada 4-5 Juli, Republik Petruk 11-12 Juli, Opera Ular Putih 19-20 Juli, dan Opera Ikan Asin pada 26-27 Juli.



Simak Video "Manfaatkan Teknologi, Cara 'Teater Koma' Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)