Obati Kerinduan Nonton Pertunjukan, Pentas Teater Koma Diputar Streaming

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 27 Jun 2020 18:01 WIB
Teater Koma
Foto: Teater Koma
Jakarta -

Bagi kamu yang gemar seni pertunjukan, saat new normal di pandemi COVID-19 tak ada salahnya melihat gelaran akhir pekan ini. Teater Koma mempersembahkan pentas Tanda Cinta pada 27-28 Juni 2020 pukul 15.00 WIB yang diputar streaming di channel YouTube IndonesiaKaya.

Pertunjukan Tanda Cinta merupakan rekaman pementasan yang sukses diselenggarakan pada 27-29 Juli 2005. Saat itu, naskah ini digelar sebagai perayaan hari jadi pernikahan Nano dan Ratna Riantiarno yang ke-27.

Tanda Cinta mengisahkan tentang pasangan suami istri yang lama menjalani kehidupan rumah tangga dan memasuki usia senja. Sang suami timbul pertanyaan, masih adakah cinta di antara kita?

Si istri malah menjawab dengan jawaban panjang lebar dari istri yang malah menimbulkan berbagai pertanyaan baru. Bagi istri, mencintai tak harus selalu dengan kata-kata, tapi lebih nyata jika berupa tindakan. Sedangkan bagi suami, meski tindakan penting, kata-kata juga penting.

Nano Riantiarno yang juga salah satu pendiri Teater Koma menuturkan pertanyaan itu bersifat personal.

"Pertanyaan itu tak hanya berlaku untuk rumah tangga tapi juga bermasyarakat. Ketika masyarakat saling mencintai, maka tidak akan ada perkelahian, perseteruan, isu sara, korupsi, dan sebagainya. Inilah yang menjadi tugas bersama bagi kita bagaimana untuk terus menumbuhkan cinta kepada sesama manusia," ujar Nano Riantiarno.

Tahun ini, pertunjukan teater Tanda Cinta menginjak usia yang ke-15. Usia pernikahan Nano dan Ratna Riantiarno juga yang ke-45 tahun.

Keduanya masih aktif bermain teater dan mengurus Teater Koma yang menjadi salah satu kelompok teater tertua di Indonesia. Setiap tahun, Teater Koma konsisten menggelar pementasan sebanyak dua sampai tiga kali.

Teater KomaTeater Koma Foto: Teater Koma

Setiap produksi, waktu pementasan terbilang panjang yakni bisa tiga hari sampai 10 hari lamanya. Ratna Riantiarno saat Live IG bersama @indonesia_kaya, menuturkan tips agar menjaga stamina bagi para pemain.

"Setiap ada jadwal produksi, kami sebetulnya latihan selama 3 bulan. Pokoknya kalau latihan, pertemuan kita sampai 60 kali. Itu sebelum latihan, ada pemanasan untuk menjaga stamina," terang Ratna, seperti dikutip detikcom.

Ratna menceritakan para pemain juga diwajibkan menjaga stamina masing-masing. "Pernah suatu kali ada pemain yang pingsan, lagi pertunjukan pingsan. Pulangnya masih begadang, kan merugikan kita juga. Makanya harus disiplin dan banyak istirahat," sambung Ratna.

Lewat program #NontonTeaterDiRumahAja yang digelar oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, ada 5 pertunjukan lainnya yang bakal digelar sepanjang bulan Juli 2020.

Pertunjukan Teater Koma di program #NontonTeaterDiRumahAja di antarnya adalah Sin Jie Kwie pada 4-5 Juli, Republik Petruk 11-12 Juli, Opera Ular Putih 19-20 Juli, dan Opera Ikan Asin pada 26-27 Juli.



Simak Video "Wisata di Bali yang Disukai Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)